Pengembangan paket pembelajaran penanganan pascapanen buah-buahan kelas XI semester II SMK-PP Negeri Banjarbaru / Resvathi Swastika Ayu Perdana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran penanganan pascapanen buah-buahan kelas XI semester II SMK-PP Negeri Banjarbaru / Resvathi Swastika Ayu Perdana

Perdana, Resvathi Swastika Ayu (2014) Pengembangan paket pembelajaran penanganan pascapanen buah-buahan kelas XI semester II SMK-PP Negeri Banjarbaru / Resvathi Swastika Ayu Perdana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perdana Resvathi S.A. 2014. Pengembangan Paket Pembelajaran Penanganan Pascapanen Buah-buahan Kelas XI Semester II SMK PP Negeri Banjarbaru. Tesis. Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (2) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. Kata Kunci pengembangan paket pembelajaran penanganan pasca panen buah-buahan Mata pelajaran Penanganan Pascapanen Buah-buahan merupakan mata pelajaran produktif pada kelas XI semester II Program Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikutura di SMK-PP Negeri Banjarbaru. Masalah yang dihadapi dalam pembelajaran adalah belum tersedianya bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa dan karakteristik pembelajaran. Dalam pengembangan bahan ajar ini pengembang menggunakan model Dick Carey dan Carey yang terdiri atas sepuluh langkah namun dalam pengembangan ini hanya dilakukan sembilan langkah yaitu (1) Mengidentifikasi tujuan pembelajaran (2) melakukan analisis pembelajaran (3) mengidentifikasi perilaku awal dan karakteristik pebelajar (4) menulis tujuan pembelajaran khusus (5) mengembangkan butir-butir tes acuan patokan (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran (7) mendesain dan melakukan evaluasi formatif dan (9) merevisi pembelajaran. Hasil pengembangan ini menghasilkan 3 (tiga) produk yaitu bahan ajar panduan guru dan panduan siswa. 12288 12288 12288 12288 Hasil validasi dari ahli isi terhadap paket pembelajaran menunjukkan bahwa bahan ajar memenuhi kualifikasi sangat layak (94%) panduan guru sangat layak (97%) dan panduan siswa sangat layak (93%). Review ahli desain pembelajaran terhadap bahan ajar memenuhi kualifikasi sangat layak (82%) panduan guru sangat layak (92%) panduan siswa sangat layak (92%). Review ahli media pembelajaran untuk bahan ajar memenuhi kualifikasi sangat layak (98%) panduan guru dan panduan siswa sangat layak (99%) . 12288 12288 12288 12288 Hasil uji coba kelompok kecil berada dalam kualifikasi sangat layak (90%) dan panduan siswa sangat layak (87%). Uji coba lapangan menunjukkan bahan ajar memenuhi kualifikasi sangat layak (98%) dan panduan siswa sangat layak (98%). Penilaian guru mata pelajaran terhadap bahan ajar memenuhi kualifikasi sangat layak (98%) dan panduan guru sangat layak (100%). Terjadi peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan nilai pretest dan posttest yaitu sebesar 46%. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan kajian produk yang telah dilakukan paket pembelajaran dapat digunakan oleh siswa dan guru kelas XI SMK-PP Negeri Banjarbaru dengan memperhatikan saran-saran pengembangan produk antara lain pemanfaatan produk diseminasi produk dan pengembangan produk lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57183

Actions (login required)

View Item View Item