Puraro, Margaretha (2014) Pengembangan paket bahan ajar budidaya tanaman kacang hijau untuk siswa kelas XI SMK-SPP Negeri Jayapura / Margaretha Puraro. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Margaretha Puraro. 2014. Pengembangan Paket Bahan Ajar Budidaya Tanaman Kacang Hijau Di SMK-SPP Negeri Jayapura. Tesis. Program studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof Dr Punaji Styosari M.Pd ME.d. (II) Dr. Sulthon M.Pd. Kata kunci Pengembangan Paket Pembelajaran Budidaya Tanaman Kacang Hijau 12288 12288 12288 12288 Mata pelajaran Budidaya Tanaman Kacang Hijau merupakan bagian dari mata pelajaran produktif Tanaman Pangan pada kelas XI program keahlian TPH di SMK-SPP Negeri Jayapura. Salah satu masalah yang di hadapi yaitu belum tersedianya bahan ajar yang layak. Bahan ajar yang tersedia hanya berupa diktat dan pengorganisisaiannya belum jelas. Oleh karena itu pengembang merasa perlu mengembangkan paket bahan ajar yang disesuaikan dengan karakteristik siswa dan karakteristik mata pelajaran. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan paket bahan ajar merupakan salah satu upaya untuk memperbaiki proses pembelajaran sekaligus meningkatkan kualitas pembelajaran. Pemecahan permasalahan tersebut di atas dilakukan dengan cara melakukan pengembangan paket bahan ajar dengan model Dick Carey (2001). Tujuan pengembangan yaitu untuk menghasilkan produk paket bahan ajar budidaya tanaman kacang hijau yang terdiri dari bahan ajar panduan guru dan panduan siswa. 12288 12288 12288 12288 Prosedur pengembangan yang dilakukan terbatas hanya sampai pada langkah ke sembilan. Paket pembelajaran yang di kembangkan sendiri terdiri dari tiga bagain yaitu (1) bahan ajar (2) panduan guru dan (3) panduan siswa. Hasil pengembangan berupa draf paket pembelajaran diujicobakan melalui beberapa tahapan yaitu (1) review ahli isi mata pelajaran ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran (2) uji coba perorangan (3) uji coba kelompok kecil dan (4) uji coba lapangan. Hasil penilaian/ tanggapan dari masing-masing tahap di gunakan sebagai masukan untuk di lakukan revisi sebelum ke tahap berikutnya. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil penilaian terdiri dari dokumentasi angket/kuisioner wawancara dan tes tertulis. 12288 12288 12288 12288 Hasil penilaian di peroleh saat evaluasi formatif adalah sebagai berikut 1) ahli isi mata pelajaran 85% 2) ahli desain pembelajaran 88 75% 3) ahli media pembelajaran 83 84% 4) uji coba kelompok kecil 89 11% dan 5) uji coba lapangan 93 06 % dan hasil uji coba guru mata pelajaran 98 34%. Dari semua hasil penilaian menunjukan bahwa paket pembelajaran berada dalam katergori sangat layak. Artinya paket bahan ajar yang telah di kembangkan layak di gunakan sebagai sumber belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57181 |
Actions (login required)
View Item |