Pengembangan media pembelajaran online berbasis WEB platform open source pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas XI Jurusan Peternakan SMK Negeri Tutur Kabupaten Pasuruan / Zaudah Cyly Arrum Dalu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran online berbasis WEB platform open source pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas XI Jurusan Peternakan SMK Negeri Tutur Kabupaten Pasuruan / Zaudah Cyly Arrum Dalu

Dalu, Zaudah Cyly Arrum (2014) Pengembangan media pembelajaran online berbasis WEB platform open source pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas XI Jurusan Peternakan SMK Negeri Tutur Kabupaten Pasuruan / Zaudah Cyly Arrum Dalu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalu Zaudah Cyly Arrum. Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Web Platform Opensource pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XI Jurusan Peternakan SMK Negeri Tutur Kabupaten Pasuruan. Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Ed. (2) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. Kata Kunci pengembangan media pembelajaran online 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis web untuk siswa SMK khususnya yang sedang melaksanakan kegiatan praktik kerja industri pada mata pelajaran bahasa Inggris. Pengembangan media pembelajaran berbasis web ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan pembelajaran di saat pebelajar sedang berada di tempat praktik kerja industri. Permasalahan belajar tersebut diantaranya (1) aktivitas pebelajar dalam kegiatan pembelajaran sangat kurang kegiatan pembelajaran cenderung berpusat pada guru yaitu dalam hal penyampaian materi-materi ajar yang sudah ditargetkan terselesaikan sesuai waktu yang direncanakan sehingga kurang diperhatikannya keterampilan-keterampilan berbahasa yang semestinya harus dikuasai oleh pebelajar (2) pembelajaran yang terjadi selama ini terbatas pada waktu dan ruang/jarak sedangkan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa semestinya membutuhkan banyak latihan (drill) dan tidak ada lagi permasalahan terkait jarak (3) kecepatan belajar di antara pebelajar berbeda-beda untuk itu dibutuhkan penggunaan media yang tepat dan menarik agar hasil belajar tercapai sesuai kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan (4) strategi penyampaian yang selama ini digunakan dirasa pebelajar sangat membosankan dan menyulitkan dalam pencapaian kompetensi-kompetensi yang diharapkan (5) pebelajar sebagai generasi digital yang cenderung lebih tertarik mencari informasi melalui layanan internet sehingga dirasa perlu menyediakan media yang sesuai dengan karakteristik tersebut. 12288 12288 12288 Prosedur pengembangan produk telah melalui beberapa tahapan diantaranya Penilaian kebutuhan Front-End Analysis desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Pengembangan media pembelajaran berbasis web menghasilkan produk yang memiliki spesifikasi model web pembelajaran isi pembelajaran (actual content) aktivitas (activity) penilaian (assessment) panduan admin guru dan siswa strategi pembelajaran penugasan hardware Penunjang. Berdasarkan analisis data yang telah didapatkan dari angket diperoleh presentasai hasil uji coba ahli materi sebesar 87 50 ahli desain pembelajaran sebesar 94 35% ahli media pembelajaran sebesar 90 51% dan uji coba menyeluruh terhadap siswa sebesar 79 73% sedangkan untuk hasil belajar rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 79 03%. Rata-rata persentase uji coba adalah 86 28%. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis web yang telah dikembangkan memiliki kelayakan atau kevalidan untuk diterapkan dalam pelaksanaan proses pembelajaran online.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57180

Actions (login required)

View Item View Item