Pengembangan paket pembelajaran budidsaya rosela untuk kelas X SMK-Pertanian Pembangunan Negeri Banjarbaru / Nita Aprillia

Aprillia, Nita (2014) Pengembangan paket pembelajaran budidsaya rosela untuk kelas X SMK-Pertanian Pembangunan Negeri Banjarbaru / Nita Aprillia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aprillia, Nita. 2014. Pengembangan Paket Pembelajaran Budidaya Rosela untuk Kelas X SMK-Pertanian Pembangunan Negeri Banjarbaru. Tesis. Program Studi Teknologi Pembelajaran, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd, (II) Dr. Anselmus JE Toenlioe, M.Pd. Kata kunci: Pengembangan, paket pembelajaran, budidaya tanaman Rosela Budidaya Rosela termuat pada mata pelajaran Teknik Produksi Tanaman Perkebunan Semusim yang dipelajari pada kelas X semester II Program Keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan di SMK-PP Negeri Banjarbaru. Masalah yang dihadapi dalam pembelajaran adalah banyaknya kompetensi yang harus dikuasai siswa, sementara alokasi waktu pembelajaran terbatas hanya 18 kali pertemuan dalam satu semester, menyebabkan materi tidak semua dapat tersampaikan oleh pengajar dan belum tersedianya bahan ajar yang layak karena bahan ajar yang digunakan berupa paket satuan pembelajaran dengan cakupan materi terbatas, tampilan tidak menarik dan belum terorganisasi secara jelas. Pemecahan permasalahan tersebut di atas dengan menyediakan bahan ajar sebagai upaya mengoptimalisasikan proses pembelajaran, yaitu melakukan perbaikan rancangan pembelajaran dengan mengembangkan paket pembelajaran Teknik Produksi Tanaman Perkebunan Semusim Budidaya Rosela dengan model Dick, Carey & Carey (2001), yang terdiri dari bahan ajar, panduan guru dan panduan siswa. Hasil review ahli isi terhadap paket pembelajaran menunjukkan bahwa bahan ajar memenuhi kualifikasi sangat layak (90%), panduan guru sangat layak (92%), dan panduan siswa sangat layak (94%). Review ahli desain pembelajaran terhadap bahan ajar memenuhi kualifikasi layak (78%), panduan guru sangat layak (86%), panduan siswa sangat layak (85%). Review ahli media pembelajaran untuk bahan ajar memenuhi kualifikasi sangat layak (99%), panduan guru dan panduan siswa sangat layak (100%). Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan bahan ajar memenuhi kualifikasi sangat layak (93%) dan panduan siswa sangat layak (98%). Uji coba lapangan menunjukkan bahan ajar memenuhi kualifikasi sangat layak (94%) dan panduan siswa sangat layak (92%). Penilaian guru mata pelajaran terhadap bahan ajar memenuhi kualifikasi sangat layak (98%) dan panduan guru sangat layak (100%). Terjadi peningkatan hasil belajar siswa nilai pretest dan postest sebesar 42%. Kelebihan paket pembelajaran yang dirancang yaitu: disusun sistematis, sesuai kebutuhan dan karakteristik siswa, sistematika pengorganisasian bahan ajar lengkap dan rinci, desain menarik, menggunakan model Dick, Carey & Carey, dilengkapi panduan guru dan panduan siswa Kelemahan paket pembelajaran yaitu: paket pembelajaran berupa media cetak sehingga kaku dan terbatas dalam penggunaannya, apabila bahan ajar digunakan secara luas perlu penyempurnaan dan revisi sesuai karakteristik dan kebutuhan pengguna.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57179

Actions (login required)

View Item View Item