Pengembangan bahan ajar mata kuliah pendidikan teologi iman anak dengan model R2D2 di STKIP " Widya Yuwana" Madiun / Antonius Tse - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar mata kuliah pendidikan teologi iman anak dengan model R2D2 di STKIP " Widya Yuwana" Madiun / Antonius Tse

Tse, Antonius (2014) Pengembangan bahan ajar mata kuliah pendidikan teologi iman anak dengan model R2D2 di STKIP " Widya Yuwana" Madiun / Antonius Tse. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tse Antonius. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pendidikan Teologi Iman Anak Dengan Model R2D2 Di STKIP Widya Yuwana Madiun. Tesis. Jurusan Teknologi Pembelajaran Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M. Pd (II) Dr. Anselmus J.E Toenlioe M. Pd Kata Kunci Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Teologi Iman Anak Model R2D2 STKIP Widya Yuwana Madiun merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi swasta Katolik yang secara khusus menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) muda menjadi pendidik yang unggul dan profesional di bidang pendidikan agama Katolik. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki pendidik agama Katolik adalah kemampuan mendidik peserta didik dalam iman Katolik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia serta meningkatkan potensi spiritual. Kompetensi tersebut diolah dan dikembangkan melalui pembelajaran mata kuliah Pendidikan Teologi Iman Anak. Dari hasil studi awal ditemukan beberapa kendala terkait dengan proses pembelajaran mata kuliah ini di antaranya belum tersedianya bahan ajar mata kuliah Pendidikan Teologi Iman Anak yang didesain sesuai dengan kebutuhan pebelajar. Menyikapi kendala tersebut pengembang mencoba mengembangkan bahan ajar mata kuliah Pendidikan Teologi Iman Anak yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pebelajar yaitu kemudahan belajar. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan model R2D2 (Reflective Recursive Design and Development). Produk bahan ajar yang dihasilkan berwujud buku ajar panduan dosen dan panduan mahasiswa. Produk pengembangan yang dihasilkan menempuh beberapa tahap uji coba yaitu (1) revew ahli isi/materi (2) revew ahli media (3) uji coba perorangan (4) uji coba kelompok kecil dan (5) uji lapangan. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh melalui angket dan wawancara. Hasil revew ahli isi terhadap produk buku ajar 82 4% panduan dosen 90% panduan mahasiswa 87 5%. Hasil validasi ahli media menyatakan rerata produk buku ajar 98 43% panduan dosen 100% panduan mahasiswa 100%. Hasil uji coba perorangan menyatakan bahwa produk masih perlu direvisi baik kesalahan ketik tanda baca maupun penggunaan huruf kapital dan huruf kecil. Hasil uji coba kelompok kecil kepada 15 responden menyatakan rerata pencapaian produk buku ajar 79 3% panduan mahasiswa 78 4%. Sedangkan rerata pencapaian produk buku ajar dalam uji lapangan kepada 31 responden menyatakan 82 8% panduan mahasiswa 82 7%. Tanggapan pembelajar menyatakan rerata pencapaian produk buku ajar 82% dan panduan dosen 80%. Apabila prosentase dikonversi dengan tabel tingkat validitas (tabel 3.1) maka seluruh produk pengembangan berada dalam kualifikasi baik sehingga tidak perlu direvisi. Dengan kata lain produk buku ajar panduan dosen dan panduan mahasiswa sudah layak untuk dimanfaatkan. Meskipun demikian produk ini akan direvisi apabila ada tanggapan atau masukan yang dianggap bisa membuat produk menjadi lebih baik. Pengembangan produk selanjutnya alangkah baiknya dilengkapi dengan lembar kerja mahasiswa dan media pembelajaran. Jika berkenan dapat mengembangkan dalam bentuk bahan ajar digital atau multi media interaktif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57177

Actions (login required)

View Item View Item