Indrakusuma, Abdul Haris (2014) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis komputer pada materi perangkat lunak aplikasi lectora inspire / Abdul Haris Indrakusuma. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Indrakusuma Abdul Haris. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer pada Materi Perangkat Lunak Aplikasi Lectora Inspire Tesis Pascasarjana Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman S. Degeng M.Pd. (II) Dr. Wasis Djoko Dwiyogo M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pengembangan media pembelajaran berbasis komputer perlu diimplementasikan di lingkungan pendidikan karena tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi pendidikan dalam proses belajar mengajar. Salah satu software yang dapat mendukung adalah Lectora Inspire yaitu salah satu dari beberapa software buatan Trivantis yang dirancang untuk pembuatan konten pembelajaran (Learning Content Creator). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran interaktif untuk Materi Perangkat Lunak Aplikasi Lectora Inspire dalam bentuk CD yang layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran sehingga proses pembelajaran lebih efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model prosedural yaitu model ADDIE menurut Lee and Owens (2004) dengan tahap-tahap pengembangan sebagai berikut (1) analisis (2) design (3) development (4) implementasi dan (5) evaluasi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode kuesioner. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah mahasiswa STKIP PGRI Tulungagung yang berjumlah 15 mahasiswa dengan rincian 6 mahasiswa untuk uji coba kelompok kecil dan keseluruhan mahasiswa yang berjumlah 15 untuk uji coba kelompok besar. Sedangkan untuk pengujian instrumen menggunakan presentase frekuensi. Hasil produk yang dikembangkan adalah tutorial media pembelajaran interaktif berbasis komputer pada materi perangkat lunak aplikasi lectora inspire yang berisi lima modul yaitu (1) pengenalan authoring tool (2) pengenalan snagit dan camtasia studio (3) pengenalan flypaper (4) pembuatan materi uji dan (5) publikasi lectora inspire. Kesimpulan dari validasi ahli materi 90 6 % yang menyatakan kelayakan materi perangkat lunak apliaksi lectora inspire dari validasi ahli media 89 3 % yang berarti media ini layak untuk dikembangkan sedangkan dari instrumen mahasiswa kelompok kecil 82 6 % kelompok besar 87 1 % dan dari penilaian hasil evaluasi mahasiswa 80 7 % yang secara keseluruhan juga menyatakan media pembelajaran interaktif ini layak untuk digunakan sebagai sumber belajar. Untuk memanfaatkan media pembelajaran interaktif Saran bagi peneliti berikutnya yang akan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis komputer pada materi perangkat lunak aplikasi lectora inspire antara lain (1) pengembangan yang lebih lanjut perlu ditambahkan lagi animasi-animasi dan suara yang lebih menarik disesuaikan dengan tampilan dan materi (2) Pada pengembangan berikutnya seharusnya Instrumen harus dikembangkan dan divalidasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jan 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57176 |
Actions (login required)
View Item |