Pengembangan paket pembelajaran matematika untuk kelas VII di SMP Al Muslim Waru Sidoarjo / Ahmad Fahrizal Rahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran matematika untuk kelas VII di SMP Al Muslim Waru Sidoarjo / Ahmad Fahrizal Rahman

Rahman, Ahmad Fahrizal (2013) Pengembangan paket pembelajaran matematika untuk kelas VII di SMP Al Muslim Waru Sidoarjo / Ahmad Fahrizal Rahman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahman Ahmad Fahrizal 2013. Pengembangan Paket Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika untuk kelas VII SMP A. Muslim Waru Sidoarjo. Tesis Jurusan Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd. M.Ed. (II) Dr. H. Sulthon M.Pd. Kata kunci Pengembangan Bahan Ajar 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Salah satu mata pelajaran yang perlu diajarkan kepada pebelajar adalah mata pelajaran Matematika. Matematika perlu diberikan kepada semua pebelajar mulai dari pendidikan dasar untuk membekali pebelajar dengan kemampuan berpikir logis analitis sistematis kritis dan kreatif serta kemampuan bekerjasama. Mata pelajaran Matematika adalah cabang ilmu pengetahuan yang eksak dan terorganisir secara sistematik (Sujono 1988). Oleh karena itu seorang pebelajar perlu menguasai sebuah materi pembelajaran sebelum dapat melanjutkan ke materi berikutnya. 12288 12288 12288 12288 Hasil pembelajaran Matematika khususnya di kelas VII SMP Al Muslim secara umum masih belum memuaskan hal ini salah satunya bisa dilihat dari hasil belajar mereka yang masih berada pada kisaran nilai 7. Berdasarkan hasil pengamatan pengembang salah satu faktor penyebabnya adalah ketersediaan paket pembelajaran yang belum mengakomodasi kebutuhan belajar mereka secara maksimal. Mayoritas pebelajar yang ada di kelas VII SMP Al Muslim sudah mengenal dengan teknologi multimedia dan sumber belajar berbasis komputer. Sementara bahan ajar yang ada selama ini masih berupa bahan ajar yang tercetak manual dan isinya masih didominasi pendekatan konvensional yang cenderung tidak bisa meningkatkan daya imajinasi dan elaborasi kognitif secara komprehensif. 12288 12288 12288 12288 Melihat fakta di lapangan tersebut didapat kesimpulan bahwa paket pembelajaran matematika yang tersedia selama ini masih terpaku pada cara-cara baku dan hasil akhir perhitungan sehingga tidak memberikan pembelajaran yang bermakna bagi pebelajar. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengembangkan paket pembelajaran Matematika dengan konsep yang lebih bermakna dan dapat membuat pebelajar mampu menerapkan pengetahuan matematikanya pada kehidupan sehari-hari dan bidang lain. Pengembangan paket pembelajaran menggunakan model Morisson dan Kemp memberikan peluang bagi pengembang untuk menyajikan paket pembelajaran yang mampu meningkatkan elaborasi pemecahan masalah yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari.Di samping itu juga disajikan materi pelajaran secara interaktif dengan bantuan program Macromedia Flash versi 8 hal ini salah satunya disebabkan karena mayoritas pebelajar di SMP Al Muslim sudah sangat familiar dengan media pembelajaran interaktif. Hasil Uji Validasi dan Uji Coba menunjukkan bahwa produk hasil pengembangan telah layak untuk diaplikasikan pada kegiatan pembelajaran di kelas VII SMP Al Muslim Waru Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57174

Actions (login required)

View Item View Item