Pengembangan bahan ajar mata kuliah media pembelajaran PAI di ATAI Al-Khairat Pamekasan / Citra Fitri Kholidya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar mata kuliah media pembelajaran PAI di ATAI Al-Khairat Pamekasan / Citra Fitri Kholidya

Kholidya, Citra Fitri (2013) Pengembangan bahan ajar mata kuliah media pembelajaran PAI di ATAI Al-Khairat Pamekasan / Citra Fitri Kholidya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan bahan ajar media pembelajaran PAI Media pembelajaran PAI merupakan salah satu mata kuliah yang terdapat dalam program studi S-1 Pendidikan Agama Islam. Mata kuliah media pembelajaran memberikan manfaat penting bagi calon guru PAI. Mata Kuliah Media Pembelajaran membantu pengetahuan dan pemahaman mahasiswa tentang media pembelajaran memiliki kemampuan serta keterampilan dalam membuat dan mengembangkan media sederhana untuk kepentingan pembelajaran. Belum ada bahan ajar yang disusun secara sistematis berdasarkan kurikulum dan kompetensi yang seharusnya dikuasai oleh mahasiswa. Salah satu cara pemecahan masalah yaitu dengan pengembangan bahan ajar. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar cetak Mata Kuliah Media Pembelajaran PAI yang memenuhi kriteria akseptabilitas yakni aspek kegunaan ketepatan dan kelayakan. Aspek kegunaan mengacu pada seberapa manfaat bahan ajar media pembelajaran PAI yang dikembangkan bagi dosen dan mahasiswa. Aspek ketepatan mengacu pada seberapa besar bahan ajar media pembelajaran PAI dapat mengungkapkan dan menyampaikan informasi (materi pembelajaran) secara teknis. Aspek ketepatan mengacu pada seberapa besar kepraktisan dan keterbacaan bahan ajar media pembelajaran PAI bagi dosen dan mahasiswa. Produk pengembangan yang dihasilkan berupa bahan ajar Media Pembelajaran PAI yang dilengkapi dengan panduan dosen dan panduan mahasiswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model Dick Carey Carey dengan sembilan tahapan yaitu 1) mengidentifikasi kebutuhan untuk menentukan tujuan pembelajaran umum 2) melakukan analisis pembelajaran 3) melakukan analisis pebelajar dan konteks 4) merumuskan tujuan pembelajaran khusus 5) mengembangkan instrumen penilaian 6) mengembangkan strategi pembelajaran 7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran 8) mendesain dan melakukan evaluasi formatif 9) merevisi pembelajaran. Hasil pengembangan divalidasi oleh ahli isi ahli desain dan ahli media. Selanjutnya dilakukan uji coba. Uji coba tersebut meliputi 1) uji coba perorangan 2) uji coba kelompok kecil 3) uji coba lapangan. Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji coba yang dilakukan terhadap produk pengembangan dapat disimpulkan bahwa produk penilaian ini memenuhi kriteria sangat baik dan memperoleh kualifikasi sangat layak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57167

Actions (login required)

View Item View Item