Penerapan media puzzle untuk meningkatkan keterampilan membaca Al Qur'an siswa slow learner di SDN Merjosari III Malang / Dianita Solikha Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media puzzle untuk meningkatkan keterampilan membaca Al Qur'an siswa slow learner di SDN Merjosari III Malang / Dianita Solikha Rahayu

Rahayu, Dianita Solikha (2013) Penerapan media puzzle untuk meningkatkan keterampilan membaca Al Qur'an siswa slow learner di SDN Merjosari III Malang / Dianita Solikha Rahayu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Penerapan Media Puzzle KeterampilanMembaca Al Qur an Siswa Slow Learner Manusiamempunyaiderajat IQ kwalitaskeimanan yang berbeda- beda. Pendidikanitubermacam- macamvariasinya ada yang darigolongan normal dangolongan yang mempunyaikebutuhankhusus.Karena manusiadiberibermacam- macamukuran IQ danmempunyaikadar yang bermacam- macamtingkatan. Pendidikanmembaca Al Qur an denganwaktu yang ditambahlebihbanyak jam matapelajarannyalebihdiutamakankepadasiswaslow leraner. Karena selainuntukkebutuhandalamkehidupansehari- harijugasangatdibutuhkandalamujianakhirkelas VI. Tujuanpembelajaranyaitupembelajaranlebihefektif hasilmemuaskandancepatmembacahurufhijaiyahdansambung yang adadidalam Al Qur an.denganberbagaiinovasimetodedan media pembelajaran yang beranekaragammembuat guru lebihmudahuntukmelakukanpembelajaran..Salah satu media pembelajaran yang digunakanadalahdenganpermainanpuzzle.Denganpuzzlemerekabisabermainsambilbelajar Hasildaripembelajaraniniditunjukkandengan Berdasarkan hasil uji coba secara meyakinkan kreatifitas media puzzle telah menunjukkan efektifitas yang nyata dalam meningkatkan keterampilan membaca Al Qur an siswa slow learner kelas II-V. Ada perbedaan nilai yang signifikan antara pengguna media puzzle dengan metode ceramah yaitu 4 64 hal ini menunjukkan bahwa t0 lebih besar daripada t1 baik pada taraf signifikansi 5% (2 09) maupun pada taraf signifikansi 1 % (2 84). Selain itu dari hasil antara siklus I dan II rata-rata siklus I 5 8 siklus II7 4 dengan perbedaan antara siklus I dan II 1 6. Dengan kata lain media puzzle dapat diandalkan sebagai media pembelajaran yang baik untuk mengajarkan membaca Al Qur an bagi siswa slow learner di SDN Merjosari III Malang Saran peneliti bagi pihak sekolah untuk kemajuan pendidikan selanjutnya (a) kepada lembaga agar lebih banyak mempersiapkan model dan media pembelajaran yang bervariasi (b) kepada pihak guru agar lebih kreatif dan aktif untuk mempersiapkan media pembelajaran dan teknik pembelajaran serta mengembangkan ilmu pengetahuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57165

Actions (login required)

View Item View Item