Pengembangan paket bahan ajar mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelas VII di MTs Ketegan Tanggulangin Sidoardjo / Nihla Fitriyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket bahan ajar mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelas VII di MTs Ketegan Tanggulangin Sidoardjo / Nihla Fitriyani

Fitriyani, Nihla (2013) Pengembangan paket bahan ajar mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelas VII di MTs Ketegan Tanggulangin Sidoardjo / Nihla Fitriyani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Paket Bahan Ajar TIK Banyak cara yang harus ditempuh untuk memaksimalkan pembelajaran TIK salah satunya yaitu penyediaan sumber belajar yang memadai. Tesis ini bertujuan mengembangkan suatu paket bahan ajar teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang mempertimbangkan karakteristik mata pelajaran dan karakteristik siswa serta dapat dimanfaatkan secara mandiri. Model pengembangan yang dipilih adalah model Dick and Carey instructional system design. Alasan pemilihan model ini karena model Dick and Carey menggunakan pendekatan sistem-prosedural sesuai dengan karakteristik mata pelajaran TIK yaitu dengan menggunakan sistem yang diciptakan untuk merancang paket pembelajaran pada ranah keterampilan psikomotor keterampilan intelektual dan informasi verbal. Penelitian pengembangan ini menghasilkan 3 (tiga) produk yaitu (1) bahan ajar cetak (2) panduan siswa (3) panduan guru. Proses pengembangan melibatkan ahli isi mata pelajaran ahli media ahli pembelajaran dan ahli desain pembelajaran untuk memberikan tanggapan dan masukan perbaikan. Setelah perbaikan produk pengembangan berdasarkan reviewer ahli isi ahli media dan ahli desain dilakukan evaluasi formatif dengan tahap (1) uji coba perorangan oleh 3 orang siswa kelas VII A (2) uji coba kelompok kecil dengan 6 siswa kelas VII B dan VII C (3) uji coba lapangan dengan responden 34 siswa kelas VII D. Hasil uji coba lapangan menunjukkan (1) bahan ajar memperoleh prosentase 86 76% sehingga bahan ajar berada dalam kualifikasi sangat baik (2) panduan siswa memperoleh penilaian 87 71% menunjukkan berada pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar ini dapat dipakai siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran dibuktikan dengan keseluruhan siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi di MTs Ketegan Tanggulangin Sidoarjo. Beberapa saran untuk meningkatkan kualitas pemanfaatan produk adalah (1) guru dan siswa harus membaca panduan guru dan panduan siswa terlebih dahulu sebelum memanfaatkan bahan ajar (2) guru melakukan tes awal untuk mengetahui seberapa jauh siswa menguasai kompetensi prasyarat pengetahuan dari materi yang akan dipelajari (3) melaksanakan pembelajaran sesuai dengan petunjuk yang tercantum dalam paket pembelajaran ini. Jika paket bahan ajar ini akan didesiminasikan diperlukan penyesuaian lebih lanjut dan pengkajian sesuai dengan karakteristik pebelajar setempat. Dan jika dilakukan pengembangan lanjutan sebaiknya dikembangkan lebih lanjut dengan materi-materi lain yang berkaitan dengan pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi dengan nuansa baru atau pendekatan baru yang inovatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57164

Actions (login required)

View Item View Item