Meka, Lesly Martha Cecylia (2013) Pengembangan paket bahan ajar mata kuliah drama untuk mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Inggris Universitas Palangka Raya / Lesly Martha Cecylia Meka. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Meka Lesly Martha Cecylia. 2013. Pengembangan Paket Bahan Drama Untuk Mahasiswa Bahasa Inggris Universitas Palangka Raya. Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Punadji M. Ed. (II) Dr. A. J.E. Toenlioe. M.Pd Kata Kunci Pengembangan Paket bahan ajar Drama Orkestra pembelajaran. Bidang pendidikan dan pengajaran khususnya pembelajaran Sastra Inggris merupakan hasil yang mengungkapkan pribadi manusia berupa pengalaman semangat ide privasi pemikiran dan keyakinan dalam suatu gambaran konkrit yang mampu membangkitkan gairah yang dapat tersalurkan dengan alat bahasa. Selama ini pembelajaran Drama memiliki ruang yang sempit kurangnya lingkungan yang membuat pebelajar bergairah untuk melaksanakan perkuliahan. Pebelajar lebih banyak mempelajari teori tentang sastra dan kurang dalam aspek afektif dan psikomotoriknya. Penekanan terhadap kedua aspek inilah yang mendorong pengembang untuk menghasilkan sebuah produk bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik matakuliah dan pebelajar. Pengembangan ini bertujuan menjawab masalah yang muncul dalam pembelajaran yaitu belum tersedia bahan ajar mata kuliah Drama yang layak sebagai sumber belajar yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Palangka Raya. Model pengembangan bahan ajar mata kuliah Drama ini menggunakan model 2 Dimensi Orkestra Pembelajaran Degeng. Model pembelajaran ini pembelajaran diselenggarakan secara interaktif inspiratif menyenangkan menantang memotivasi pebelajar untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa kreativitas sesuai dengan bakat minat dan perkembangan fisik serta psikologis pebelajar. Model ini dipandang sesuai dengan karakteristik matakuliah Drama. Hasil pengembangan divalidasi melalui evaluasi formatif yang terdiri dari penilaian ahli dan uji coba. Penilaian ahli meliputi 1) ahli isi pembelajaran menilai produk bahan ajar mata kuliah Drama dengan kualifikasi sangat baik dengan skor 92 5% panduan dosen dengan skor 89 58% dan panduan mahasiswa dengan skor 83% 2) ahli desain pembelajaran menilai produk bahan ajar mata kuliah Drama dengan skor 85% panduan dosen dengan skor 87 5% dan panduan mahasiswa dengan skor 87 5% dan ahli media pembelajaran menilai produk bahan ajar mata kuliah Drama dengan skor 9 75% panduan dosen dengan skor 100% panduan mahasiswa 9 75%. Hasil tinjauan para ahli dijadikan dasar dalam perbaikan produk yang selanjutnya dapat dilakukan uji coba untuk mendapatkan masukan dari para pengguna. Uji coba tersebut meliputi 1) uji coba perorang bagi empat orang mahasiswa dengan skor 88 7% dan panduan mahasiswa dengan skor 89 8% 2) uji kelompok kecil bagi delapan mahasiswa menilai produk bahan ajar dengan skor 90 4 % dan panduan mahasiswa 84 3 % dan 3) uji kelompok ii besar/lapangan bagi 25 mahasiswa menilai produk bahan ajar dengan skor 90 7% dan panduan mahasiswa dengan skor 84 3% . Berdasarkan hasil evaluasi formatif yang telah dilakukan terhadap bahan ajar mata kuliah Drama dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan ini dinilai layak digunakan sebagai salah satu sumber belajar mata kuliah Drama bagi mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Palangka Raya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57162 |
Actions (login required)
View Item |