Pengembangan paket pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas X SPMA H. Moenadi Uangaran / Bambang Hermawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas X SPMA H. Moenadi Uangaran / Bambang Hermawan

Hermawan, Bambang (2013) Pengembangan paket pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas X SPMA H. Moenadi Uangaran / Bambang Hermawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci latar belakang pengembangan pengembangan paket pembelajaran prosedur pengembangan hasil pengembangan paket pembelajaran. Bahan ajar yang diterbitkan untuk dipakai di SPMA H. Moenadi sekarang ini penyusunanya seringkali tanpa mempertimbangkan karakteristik siswa dan lingkungan pembelajaran. Isi buku teks lebih banyak menggunakan pendekatan behavioristik bukan pendekatan konstruktivistik dalam pembelajaran sehingga seringkali terlihat guru menjadi sumber utama pembelajaran dan guru yang mengatur bagaimana kegiatan pembelajaran itu dilaksanakan. Oleh karena itu perlu adanya upaya penyediaan paket. pembelajaran yang cocok sesuai dengan keperluan kondisi dan lingkungan dimana siswa melakukan kegiatan belajar. Pengembangan paket pembelajaran sangat penting dikerjakan dengan alasan yaitu 1) dapat digunakan siswa sebagai salah satu sumber belajar yang diharapkan memudahkan dalam proses belajar 2) dapat memfasilitasi guru dalam proses pembelajaran dan memberi arah dalam membimbing siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan tuntas 3) dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik klasikal maupun individual dan 4) menjadi titik awal bagi lembaga sekolah untuk memilih dan mengembangkan paket pembelajaran yang sesuai dengan lingkungan dan kebutuhan. Prosedur dalam pengembangan paket pembelajaran menggunakan model Dick and Carey dengan tahapan sebagai berikut (1) Identifikasi Tujuan. (2) Melakukan Analisis Instruksional. (3) Analisis Pembelajar dan Lingkungan. (4) Merumuskan Tujuan Performansi. (5) Pengembangan Tes Acuan Patokan. (6) Pengembangan Siasat Instruksional. (7) Pengembangan atau Memilih Material Instruksional. (8) Merancang dan Melaksanakan Penilaian Formatif. (9) Revisi Instruksional. (10) Merancang dan Melaksanakan Evaluasi Sumatif. Dalam penelitian ini pengembang melakukan 9 dari 10 langkah Dick and Carey. Hasil pengembangan terhadap produk paket pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial adalah sangat layak untuk digunakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil ujicoba para ahli dan ujicoba lapangan yaitu penilaian ahli isi mata pelajaran terhadap paket pembelajaran adalah 150 atau 94% (kriteria sangat layak) penilaian ahli desain pembelajaran adalah 167 atau 74% berada dalam kriteria layak penilaian dari ahli media pembelajaran adalah 187 atau 81% dengan kriteria sangat layak dan penilaian siswa melalui uji lapangan adalah 87 atau 83% dengan kriteria sangat layak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57156

Actions (login required)

View Item View Item