Pengembangan paket pembelajaran budidaya tanaman padi untuk siswa kelas X SMK-PP Negeri Padang / Susilawitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran budidaya tanaman padi untuk siswa kelas X SMK-PP Negeri Padang / Susilawitri

Susilawitri (2013) Pengembangan paket pembelajaran budidaya tanaman padi untuk siswa kelas X SMK-PP Negeri Padang / Susilawitri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Paket Pembelajaran Budidaya Tanaman Padi. Hasil pengamatan di lapangan menunjukkan bahwa bahan ajar budidaya tanaman padi yang digunakan siswa kelas X SMK-PP Negeri Padang hanyalah diktat yang tidak layak digunakan sebagai bahan ajar karena tidak memuat tujuan pembelajaran materi tidak dilengkapi gambar tidak ada rangkuman tidak ada soal latihan dan tidak ada umpan balik sehingga tidak menarik untuk dibaca siswa dan tidak bisa digunakan siswa secara mandiri. Hal ini telah berdampak pada penurunan hasil belajar siswa. Atas dasar tersebut perlu diberikan solusi dengan pengembangan paket pembelajaran budidaya tanaman padi untuk siswa kelas X SMK-PP Negeri Padang sebagai usaha dalam memecahkan masalah belajar. Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan paket pembelajaran berupa bahan ajar budidaya tanaman padi yang dilengkapi panduan guru dan panduan siswa dalam bentuk buku atau bahan cetak yang layak dan valid sebagai bahan ajar di SMK-PP Negeri Padang. Paket pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan kajian teknologi pembelajaran khususnya dalam kawasan pengembangan dan mengikuti alur rancangan pembelajaran model Dick Carey sampai langkah ke sembilan. Validasi paket pembelajaran ditempuh melalui penilaian dan saran ahli isi/materi ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran serta serangkaian uji coba produk pada siswa kelas X SMK-PP Negeri Padang yang terdiri dari uji coba perorangan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Hasil analisis penilaian terhadap paket pembelajaran dari ahli isi sebesar 93 86% ahli desain sebesar 85 39% ahli media sebesar 95 48% uji coba perorangan sebesar 93 33% uji coba kelompok kecil sebesar 92 57 dan uji coba lapangan sebesar 94 66%. Hasil penilaian ini semuanya berada dalam kualifikasi sangat baik. Terdapat beberapa saran yang dijadikan landasan dalam merevisi produk agar menjadi lebih baik. Peningkatan hasil belajar siswa pada saat pretes dan postest diperoleh sebesar 36 6%. Berdasarkan hasil analisis data uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan berupa bahan ajar budidaya tanaman padi panduan guru dan panduan siswa layak dan valid sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran Teknologi Produksi Tanaman Pangan di SMK-PP Negeri Padang dan mampu meningkatkan pencapaian hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57151

Actions (login required)

View Item View Item