Lauselang, Nurhalis M. (2012) Pengembangan multimedia pembelajaran bahasa inggris (Menyimak) untuk SMP kelas VII di SMP Negeri 1 Parigi Nurhalis M.Lauselang,. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pengembangan Multimedia Interaktif Bahasa Inggris Membaca. Pembelajaran Bahasa Inggris di Indonesia terletak pada kemampuan guru menghadirkan model berbagai aspek kebahasaan dalam lingkungan pembelajaran. Berdasarkan survey pra pengembangan ditemukan bahwa dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Parigi siswa kekurangan kesempatan dan sumber yang layak dijadikan model kebahasaan. Pengembangan ini bertujuan untuk 1) menciptakan produk multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran bahasa Inggris khususnya dalam pembelajaran menyimak (reading) dan 2) mengetahui efektivitas produk dalam pemanfaatannya dalam pembelajaran menyimak Bahasa Inggris bagi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Parigi. Pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang dipilih karena dianggap lebih tepat untuk pengembangan multimedia. Tahapan-tahapan pengembangan secara berurutan adalah Analisis Desain Pengembangan Implementasi dan Evaluasi. Analisis dilakukan terhadap siswa teknologi tugas pengetahuan prasyarat situasional tujuan media dan materi atau silabus yang tersedia. Desain dilakukan dengan berfokus pada struktur isi dan pada spesifikasi media seperti tema desain antarmuka dan fungsionalitas gaya tulisan dan bahasa standar interaksi dan umpan balik perlakuan terhadap video dan audio desain dan standar teks desain dan standar grafis animasi dan efek khusus. Pengembangan dilakukan dengan produksi materi pembelajaran fitur atau instrument yang digunakan dalam pembelajaran dan berbagai jenis materi pendukung dengan kegiatan seperti penulisan storyboad atau skenario penyajian pembuatan dan pernyusunan serta modifikasi unsur-unsur media berdasarkan story board. Tahapan implementasi dilakukan dengan menempatkan produk pada penggunaan yang nyata seperti di kelas di laboratorium atau secara mandiri di rumah dan bertujuan memperkenalkan cara penggunaan yang efektif dan efisien. Tahapan evaluasi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana produk dapat memenuhi tujuan pembelajaran dan kebutuhan pebelajar dengan cara melakukan ujicoba dan evaluasi dan revisi. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa produk multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer yang dikembangkan ini memiliki daya tarik yang sangat besar sehingga memudahkan memfasilitasi pembelajaran. Produk pengembangan ini dapat digunakan siswa sebagai sumber atau bahan ajar yang baik di mana produk ini memaparkan secara gamblang dan jelas tentang materi-materi yang ada dalam pelajaran bahasa Inggris sehingga belajar lebih efisien dan efektif. Singkatnya produk ini telah memenuhi kebutuhan guru dalam meningkatkan strategi penyampaian pesan pembelajaran dan telah memenuhi kebutuhan siswa yang beragam dalam mempelajari materi-materi yang ada dalam bidang studi bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57148 |
Actions (login required)
View Item |