Pengembangan bahan ajar mata kuliah strategi belajar mengajar untuk mahasiswa program studi PPKn jurusan PIPS di STKIP Trenggalek / Rohmat Febrianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar mata kuliah strategi belajar mengajar untuk mahasiswa program studi PPKn jurusan PIPS di STKIP Trenggalek / Rohmat Febrianto

Febrianto, Rohmat (2012) Pengembangan bahan ajar mata kuliah strategi belajar mengajar untuk mahasiswa program studi PPKn jurusan PIPS di STKIP Trenggalek / Rohmat Febrianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan bahan ajar strategi pembelajaran. Penelitian ini untuk menjawab permasalahan yang ditemukan ketika pengembang melaksanakan studi pendahuluan bagi mahasiswa Prodi PPKn di STKIP Trenggalek yang sedang menempuh Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Kenyataan di lapangan terdapat keterbatasan referensi yang membahas strategi pembelajaran sehingga mahasiswa kesulitan untuk mendapatkan bahan ajar yang mudah dipelajari dalam perkuliahan. Referensi yang tersedia terbatas pada buku pegangan dosen dan itupun masih kurang memadai dengan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa Prodi PPKn. Berangkat dari masalah tersebut maka perlu segera diberikan solusinya dengan mengembangkan bahan ajar strategi pembelajaran untuk mahasiswa Prodi PPKn di STKIP Trenggalek. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar cetak berupa buku ajar strategi pembelajaran yang dilengkapi buku panduan dosen dan buku panduan mahasiswa yang didesain secara sistematis dan disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa Prodi PPKn STKIP Trenggalek supaya mudah dalam menggunakannya. Metode pengembangan ini didasarkan pada model Dick Carey Carey (2001) dengan prosedur pengembangan sebagai berikut (1) mengidentifikasi kebutuhan untuk menentukan tujuan umum (2) melakukan analisis pembelajaran (3) menganalisis mahasiswa dan konteks (4) merumuskan tujuan pembelajaran khusus (5) mengembangkan instrumen penilaian (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih bahan ajar (8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif dan (9) merevisi bahan ajar. Hasil pengembangan divalidasi melalui evaluasi formatif yang terdiri dari penilaian ahli dan uji coba mahasiswa beserta dosen pengampu mata kuliah. Adapun hasilnya yaitu uji satu orang ahli isi didapatkan penilaian bahan ajar mencapai persentase 79% panduan dosen 80% dan panduan mahasiswa 80% ketiganya dalam kategori layak. Uji satu orang ahli media diperoleh penilaian bahan ajar mencapai persentase 84% panduan dosen 82% dan panduan mahasiswa 82% ketiganya dalam kategori sangat layak. Uji satu orang ahli desain diperoleh penilaian bahan ajar mencapai persentase 82% panduan dosen 76% dan panduan mahasiswa 81% kategori bahan ajar dan panduan mahasiswa termasuk sangat layak untuk panduan dosen termasuk kategori layak. Sedangkan hasil dari uji mahasiswa yaitu uji perorangan bagi tiga orang mahasiswa didapatkan penilaian bahan ajar mencapai persentase 79% termasuk kategori layak dan panduan mahaiswa mencapai persentase 81% termasuk kategori sangat layak. Uji kelompok kecil bagi sembilan orang mahasiswa didapatkan penilaian bahan ajar mencapai 82% dan panduan mahasiswa 81% keduanya dalam kategori sangat layak. Uji lapangan bagi tiga puluh orang mahasiswa diperoleh penilaian bahan ajar mencapai 84% dan panduan mahasiswa 82% keduanya dalam kategori sangat layak. Untuk uji satu orang dosen pengampu mata kuliah didapatkan penilaian bahan ajar mencapai 83% dan panduan dosen 84% keduanya dalam kategori sangat layak. Berdasarkan dari semua hasil analisis data pada setiap uji coba yang dilakukan oleh pengembang dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil analisis data yang diperoleh dari ahli isi ahli media ahli desain uji coba perorangan uji coba kelompok kecil uji lapangan beserta dosen pengampu mata kuliah menunjukkan persentase yang diperoleh di atas kriteria minimal 61% - 80% hal ini berarti bahwa produk yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Saran yang diajukan berkaitan dengan pemanfaatan dan pengembangan selanjutnya yakni (1) bahan ajar ini dimanfaatkan sebagai sumber belajar dalam perkuliahan (2) mahasiswa dan dosen dianjurkan untuk membaca terlebih dahulu buku panduan (3) dosen disarankan menambahkan sajian materi strategi pembelajaran yang lebih khusus dalam bidang studi PPKn (4) bahan ajar ini hendaknya disertai suplemen berupa CD pembelajaran agar lebih variatif dan menarik dalam penyajian materinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57147

Actions (login required)

View Item View Item