Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran biologi kelas XI IPA semester 2 SMAK Santa Maria Malang / Isabel Coryunitha Panis - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran biologi kelas XI IPA semester 2 SMAK Santa Maria Malang / Isabel Coryunitha Panis

Panis, Isabel Coryunitha (2012) Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran biologi kelas XI IPA semester 2 SMAK Santa Maria Malang / Isabel Coryunitha Panis. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Waras Kamdi M.Pd (II) Dr. A.J.E. Toenlioe M.Pd. Kata kunci pengembangan multimedia interaktif Biologi SMA Multimedia interaktif secara garis besar adalah materi atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan keterampilan atau sikap. Multimedia dalam proses pembelajaran sangat dibutuhkan untuk membantu proses belajar siswa. Tanpa bantuan dari media maka guru akan mengalami kesulitan dalam mengantarkan materi pelajaran kepada siswa di sisi lain tanpa adanya bantuan multimedia maka siswa akan cepat merasa bosan dan kurang termotivasi dalam belajar. Pembelajaran yang baik dapat ditunjang dari suasana pembelajaran yang kondusif serta hubungan komunikasi antara guru siswa dapat berjalan dengan baik. Berangkat dari hal tersebut multimedia interaktif dalam kelas dikembangkan atas dasar asumsi bahwa proses komunikasi di dalam pembelajaran akan lebih bermakna (menarik minat siswa dan memberikan kemudahan untuk memahami materi karena penyajiannya yang interaktif) jika memanfaatkan berbagai media sebagai sarana penunjang kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu dirasa perlu untuk mengembangkan multimedia interaktif pembelajaran guna mengatasi kesalahan yang fatal dalam penyampaian pesan-pesan pembelajaran. Produk yang dihasilkan dalam pengembangan ini berupa multimedia interaktif pembelajaran Biologi untuk kelas XI IPA dalam bentuk fisik CD dan bahan penyerta. Bahan penyerta diberikan baik kepada guru maupun siswa. Produk yang dihasilkan sesuai dengan kurikulum melalui validasi dan uji coba sehingga siap untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Multimedia interaktif pembelajaran yang akan dihasilkan adalah berupa program dalam bentuk tampilan macro flash yang berisikan semua materi pembelajaran pada semester 2 beserta pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan materi tersebut. Dalam tampilan program tersebut akan disertai dengan teks audio dan animasi gambar mengenai materi pelajaran biologi untuk kelas XI IPA dalam satu semester (semester 2). Multimedia interaktif pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan kajian Teknologi Pembelajaran dengan mengacu pada rancangan model pengembangan Sadiman. Adapaun prosedur pengembagan Model Sadiman yaitu (1) analisis (2) studi materi (3) storyboard (4) produksi (5) validasi (6) revisi. Produk pengembangan multimedia interaktif pembelajaran kemudian mengalami proses uji coba untuk mendapatkan data sebagai bahan penyempurnaan produk pengembangan. Tahapan-tahapan uji coba yang dilaksanakan adalah (1) uji ahli isi/ ahli materi (2) uji ahli desain (3) uji ahli media (4) uji coba perorangan (5) uji coba kelompok kecil (6) uji coba kelompok besar/ uji coba lapangan. Hasil uji coba ahli isi untuk produk pengembangan multimedia interaktif pembelajaran biologi berada dalam kualifikasi sangat layak 82%. Hasil uji coba ahli media untuk produk pengembangan multimedia interaktif berada dalam kualifikasi sangat layak 95%. Hasil uji coba ahli desain untuk produk pengembangan multimedia interaktif berada dalam kualifikasi sangat layak 88%. Hasil uji coba perorangan dalam kategori cukup layak 75%. Hasil uji coba kelompok kecil dalam kategori sangat layak 87%. Hasil uji coba kelompok besar atau uji coba lapangan dalam kategori sangat layak 83%. Keunggulan produk yang dihasilkan dapat membantu siswa dalam mengkonkritkan materi pelajaran. Mengatasi kekurangan media di sekolah dan memudahkan guru dalam memvisualisasi gambar dan teks. Adapun keunggulan lain dari produk yang dihasilkan ini adalah bahwa dalam penyajian atau perumusan dari soal-soal materi dan test akan ditampilkan dengan tambahan video animasi sehubungan dengan membantu siswa dalam tampilan/simulasi kecilnya. Materi yang dibuat dalam bentuk beberapa sub bab dimana tiap bab dalam materi tersebut disertai dengan latihan soal dan pada bagian terakhir bab berisi mengenai latihan soal secara keseluruhan yang jumlahnya diakumulasi dari tiap bab dalam materi. Kelemahan Produk multimedia interaktif pembelajaran kelas XI IPA karena keterbatasan waktu yang ada maka pengembang belum memasukan semua materi yang dibutuhkan dalam multimedia interaktif pembelajaran ini. Oleh karena itu pengembang menyadari betul bahwa perlu diuji cobakan semua unit materi pembelajaran Biologi dengan mengunakan multimedia yang dikemas dalam bentuk CD-ROM. Saran yang diajukan berkaitan dengan pemanfaatan dan pengembangan selanjutnya sebagai berikut (1) produk multimedia interaktif pembelajaran yang dikemas dalam bentuk CD-ROM diharapakan dapat berguna dan mampu dikembangkan kembali oleh lembaga pendidikan SMA yang bukan hanya pada jurusan IPA kelas XI tetapi juga pada jurusan lain dan pada kelas lain yang mana siswa-siswanya terlebih dahulu dianalisis karakteristiknya dalam kelas. (2) sebagai pengembangan multimedia interaktif pembelajaran pengembang menyadari perlunya penambah software yang memadai dalam menunjang materi-materi lain dalam pelajaran Biologi ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57146

Actions (login required)

View Item View Item