Pengembangan pembelajaran sosiologi pendidikan berbasis blended untuk mahasiswa FKIP Universitas Islam Darul Ulum Lamongan / Nisaul Barokati Seliro Wangi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran sosiologi pendidikan berbasis blended untuk mahasiswa FKIP Universitas Islam Darul Ulum Lamongan / Nisaul Barokati Seliro Wangi

Wangi, Nisaul Barokati Seliro (2012) Pengembangan pembelajaran sosiologi pendidikan berbasis blended untuk mahasiswa FKIP Universitas Islam Darul Ulum Lamongan / Nisaul Barokati Seliro Wangi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keywords Pengembangan pembelajaran berbasis penggabungan(blended) mata kuliah Sosiologi Pendidikan. Salah satu upaya pemecahan masalah belajar yaitu melaksanakan pengembangan sumber belajar salah satunya dengan pengembangan pembelajaran Sosiologi Pendidikan berbasis penggabungan(blended). Berdasarkan pengamatan dilapangan pembelajaran matakuliah Sosiologi Pendidikan FKIPUniversitas Islam Darul Ulum Lamongan masihbelum tersedia pembelajaran berbasis penggabungan(blended) pada matakuliah Sosiologi Pendidikan yang materinya syarat dengan teori dan hasil-hasil analisa. Untuk mengatasi permasalahan ini maka perlu dikembangkan pembelajaran berbasis penggabungan(blended).Oleh karena itu dirasa perlu untuk mengembangkan pembelajaran berbasis penggabungan(blended) guna mengatasi kesalahan yang fatal dalam penyampaian pesan-pesan pembelajaran. Tujuan pengembangan pembelajaran berbasis penggabungan(blended) pada matakuliah Sosiologi Pendidikan ini adalah untuk menghasilkan produk pembelajaran dalam bentuk web pembelajaran media presentasi dan buku panduan operasional.Produkpengembangan tersebut diharapakan mampu membantu mahasiswa mendapatkan pengetahuan mengenai konsep dan fakta dalam Sosiologi Pendidikan. Metode pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Adapaun prosedur pengembagan Model ADDIE yaitu (1) analisis (2)desain (3) pengembangan (4) implementasi (5) evaluasi.Produk pengembangan pembelajaran matakuliah Sosiologi Pendidikan berbasis blended ini kemudian mengalami proses uji coba proses uji coba dilaksanakan untuk mendapatkan data sebagai bahan penyempurnaan produk pengembangan. Tahapan-tahapan uji coba yang dilaksanakan adalah (a) uji ahli isi/ ahli materi (b) uji ahli desain (c) uji ahli media (d) uji coba perorangan (e) uji coba kelompok kecil (f) uji coba kelompok besar/ uji coba lapangan. Produk pengembangan pembelajaran Sosiologi Pendidikan berbasis penggabungab(blended) berupa (1) web pembelajaran dengan menggunakan carolain yang didalamnya terdapat dokumen materi soal latihan dan juga forum yang dapat digunakan sebagai komunikasi antara mahasiswa dan dosen (2) media presentasi dengan menggunakan powerpoint yang di dalamnya terdapat video tentang pokok-pokok bahasan yang ada dalam matakuliah Sosiologi Pendidikan dan juga hiperlink(3) panduan Dosen dan Mahasiswa. Hasil uji coba ahli isi untuk produk pengembangan pembelajaran berbasis penggabungan (blended) dalam kualifikasi baikyaitu 81 29%. Hasil uji coba ahli media dalam kualifikasi sangat baik yaitu 96 43%. Hasil uji coba ahli desain dalam kualifikasi sangat layak 74 00%. Hasil uji coba perorangan dalam kategori baik yaitu 79 56%. Hasil uji coba kelompok kecil dalam kategori sangat baikyaitu 81 67%. Hasil uji coba kelompok besar atau uji coba lapangan dalam kategori sangat baik yaitu88 29% dan uji coba perorangan dalam kategori baik yaitu 79 56%. KeunggulanProduk pengembangan berupa web pembelajaran ini (a) dapat digunakan sebagai sumber belajar agar proses pembelajaran menjadi lebih inovatif dan bermutu. (b) daya tarik yang dihasilkan oleh produk pengembangan ini sangat besar sehingga dosen lebih mudah untuk memfaslitasi pembelajaran karena perhatian dan konsentrasi seluruh mahasiswa terfokus pada pembelajaran. (c) informasi terbaru mahasiswa dapat mengakses database yang sering kali diperbaharui. (d) selain itu komponen dalam web pembelajaran (animasi audio gambar) dapat menarik perhatian mahasiswa dalam menghilangkan kebosanan dalam belajar serta lebih meningkatkan keinginan siswa untuk lebih giat belajar.(e) produk pengembangan berupa web pembelajaran ini telah melalui beberapa tahapan validasi. Para ahli yang telah memvalidasi produk pengembangan ini adalah ahli isi atau ahli materi ahli media pembelajaran dan ahli desain pembelajaran.Dalam tahapan validasi ini para ahli memberikan saran dan komentar yang digunakan oleh pengembang untuk menyempurnakan produk pengembangannya.(f) produk pengembangan berupa web pembelajaran ini disertai dengan panduan operasional dosen dan panduan operasional mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran. Panduan tersebut dimaksudkan untuk mempermudah dosen dan mahasiswa dalam mengoperasikan webpembelajaran tersebut.Kelebihan produk pengembangan media presentasi adalah (1) produk pengembangan mudah digunakan. Siapapun dapat menggunakan produk ini karena sangat mudah dan sudah tersedia programnya di Windows (2) produk ini memiliki keunggulan yakni memiliki titik fokus sehingga ketika presentasi maka akan tetap pada satu kajian (3) produk ini memiliki keunggulan hiperteks dan navigasi untuk lebih mendukung proses belajar. Produk ini dapat digunakan sesuai dengan fungsi dan tujuannya. Adapun karakteristik produk ini adalah (a) web pembelajaran ini dikembangkan berdasar pada karaktersitik peserta didik di tempat penelitian sehingga jika ingin digunakan di tempat lain maka diperlukan penyesuaian berdasarkan karakteristik tempat tersebut. (b) matakuliah yang dikembangkan adalah mata kuliah Sosiologi Pendidikan dengan pokok bahasan definisi dan konsep dasar Sosiologi Pendidikan dan masalah-masalah sosial sehingga jika web pembelajaran ingin digunakan pada matakuliah lain Pengantar Pendidikan misalnya maka dibutuhkan penyesuaian berdasarkan kebutuhan pada matakuliah tersebut. (c) produk pengembangan ini harus mendapatkan dukungan yang bagus yakni dukungan secara teknis serta manajemen karena masalah pada sebuah jaringan dapat membuat web pembelajaran menjadi troble dan tidak dapat digunakan. (d) media presentasi powerpoint ini dikembangkan berdasar pada karaktersitik peserta didik di tempat penelitian sehingga jika ingin digunakan di tempat lain maka diperlukan penyesuaian berdasarkan karakteristik tempat tersebut. Saran yang diajukan berkaitan dengan pemanfaatan dan pengembangan selanjutnya sebagai berikut (1)pengembangan pembelajaran berbasis penggabungan(blended) tidak terfokus hanya pada mata kuliah Sosiologi Pendidikan saja tetapi bisa untuk matakuliah dan Fakultas yang berbeda. (2) pengembangan program pembelajaran berbasis penggabungan(blended) pada perguruan tinggi lebih diperjelas lagi sistematika dan alur pembelajaranya. (3) kelengkapan program dan isi materi dalam pengembangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57143

Actions (login required)

View Item View Item