Kurnia, Fitri (2012) Pengembangan bahan ajar mata kuliah media video/TV (videografi) untuk mahasiswa JUrusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Fitri Kurnia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pengembangan bahan ajar media video/TV (Videografi) Mata kuliah Media Video/TV (Videografi) pada jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) Universitas Negeri Malang bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa dalam merancang dan memproduksi video yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Terdapat kendala dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran mata kuliah ini di mana mahasiswa belum belajar menggunakan bahan ajar cetak yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Materi yang diberikan belum tersistematis dengan baik berbentuk digital (slide PowerPoint) dan sajiannya cendrung terpisah/tidak utuh. sementara mereka harus menguasai banyak teori yang tidak mungkin dapat dipelajari hanya melalui bahan ajar digital saja. Salah satu alternatif untuk memecahkan permasalahan tersebut adalah dengan merancang dan mengembangkan bahan ajar. Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk bahan ajar matakuliah Media Video/TV (Videografi) yang dikembangkan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan belajar mahasiswa TEP. Model pengembangan yang digunakan dalam hal ini adalah model Dick Carey Carey 2001. Alasan pemilihan model ini (1) menggunakan pendekatan sistem dengan langkah-langkah yang lengkap (2) memiliki empat karakteristik yang harus dimiliki dalam pengembangan pembelajaran yaitu mengacu pada tujuan terdapat keserasian dengan tujuan sistematik dan berpedoman pada evaluasi. Produk pengembangan yang dihasilkan berupa bahan ajar (modul) panduan dosen dan panduan mahasiswa. Produk tersebut telah melalui proses validasi dari beberapa para ahli yakni ahli media yang menunjukkan 96% ahli disain menunjukkan 91% dan ahli materi menunjukkan 92%. Selanjutnya untuk proses uji coba audiens yaitu uji coba perorangan menunjukkan 82% untuk uji coba kelompok kecil menunjukkan 80% sedangkan uji coba lapangan menunjukkan 82%. Berdasarkan hasil dari semua validasi dan uji coba yang telah dilakukan maka produk pengembangan ini secara keseluruhan berada dalam kategori baik dan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran bagi mahasiswa jurusan TEP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57141 |
Actions (login required)
View Item |