Pengembangan bahan ajar berbasis web materi kepenulisan mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 4 Kota Malang / Taufik Ikhsan Slamet - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis web materi kepenulisan mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 4 Kota Malang / Taufik Ikhsan Slamet

Slamet, Taufik Ikhsan (2012) Pengembangan bahan ajar berbasis web materi kepenulisan mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 4 Kota Malang / Taufik Ikhsan Slamet. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan bahan ajar berbasis web materi kepenulisan. Bahan ajar berbasis web merupakan kebutuhan yang mendesak untuk kegiatan belajar di zaman teknologi informasi seperti saat ini. Keberadaannya memiliki pengaruh yang sangat besar dalam pelaksanaan proses dan hasil pembelajaran. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berbasis web tentang materi kepenulisan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di kelas VIII SMPN 4 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Pengembangan Borg dan Gall (R D Cycle) dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket tertutup dan terbuka juga disertai wawancara. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif dengan sumber data yang berasal dari validator isi validator desain pembelajaran validator media pembelajaran guru bidang studi dan siswa kelas VIII SMPN 4 Kota Malang. Prosedur pengembangan ini memiliki 10 tahap yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk dan instrumen (4) uji validasi (5) revisi hasil validasi (6) uji coba lapangan awal (7) revisi hasil uji coba (8) uji coba lapangan (9) penyempurnaan produk hasil uji coba dan (10) produk akhir pengembangan. Produk ini telah melalui serangkaian tahap validasi dan uji coba. Pada validasi isi bahan ajar berbasis web mendapatkan persentase sebesar 71% atau berkategori cukup layak. Pada validasi desain bahan ajar berbasis web mendapatkan persentase sebesar 86% yang berarti sangat layak. Pada validasi media bahan ajar berbasis web mendapatkan persentase sebesar 93% atau berkategori sangat layak. Pada uji coba guru bidang studi bahan ajar berbasis web mendapatkan persentase sebesar 74% yang berarti cukup layak. Pada uji coba kelompok kecil bahan ajar berbasis web mendapatkan persentase sebesar 76% yang berarti produk berkategori layak. Dan pada uji coba kelompok besar bahan ajar berbasis web mendapatkan persentase sebesar 80% atau berkategori layak. Hasil dari validasi hingga uji coba tersebut menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki nilai validitas yang tinggi dan dapat dinyatakan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kualitas dari produk yang paling tampak adalah pada tingkat fleksibilitas yang tinggi dan tampilan presentasi informasi dengan format multimedia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57140

Actions (login required)

View Item View Item