Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran komunikasi massa program S-1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Maya Fanny Furoidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran komunikasi massa program S-1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Maya Fanny Furoidah

Furoidah, Maya Fanny (2012) Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran komunikasi massa program S-1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Maya Fanny Furoidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Jurusan Teknologi Pembelajaran Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd. M.Ed. (II) Dr. A.J.E. Toenlioe M.Pd. Kata kunci pengembangan multimedia interaktif komunikasi massa. Salah satu upaya dalam pemecahan masalah belajar yaitu melaksanakan pengembangan sumber belajar salah satunya yaitu dengan mengembangkan multimedia interaktif pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan pembelajaran mata kuliah Komunikasi Massa di program S-1 jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang masih menggunakan media pembelajaran yang tidak didesain secara khusus untuk mata kuliah tersebut (by utilization). Padahal fasilitas yang dimiliki oleh program S-1 jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang sudah lengkap untuk dilaksanakannya pengembangan dan pemanfaatan media pembelajaran yang didesain secara khusus (by design) untuk mata kuliah Komunikasi Massa. Oleh karena itu perlu untuk dikembangkan multimedia interaktif pembelajaran guna mengatasi kesalahan yang fatal dalam penyampaian pesan-pesan pembelajaran. Multimedia interaktif pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan kajian Teknologi Pembelajaran dengan mengacu pada rancangan model pengembangan ADDIE. Adapaun prosedur pengembagan Model ADDIE yaitu (1) analyze (analisis) (2) design (desain) (3) development (pengembangan) (4) implementation (implementasi) (5) evaluation (evaluasi). Produk pengembangan multimedia interaktif pembelajaran kemudian mengalami proses uji coba proses uji coba dilaksanakan untuk mendapatkan data sebagai bahan penyempurnaan produk pengembangan. Tahapan-tahapan uji coba yang dilaksanakan adalah (1) uji ahli isi/ ahli materi (2) uji ahli desain (3) uji ahli media (4) uji coba perorangan (5) uji coba kelompok kecil (6) uji coba kelompok besar/ uji coba lapangan. Hasil uji coba ahli isi untuk produk pengembangan multimedia interaktif pembelajaran Komunikasi Massa berada dalam kualifikasi sangat layak 85%. Hasil uji coba ahli media untuk produk pengembangan multimedia interaktif berada dalam kualifikasi sangat layak 88%. Hasil uji coba ahli desain untuk produk pengembangan multimedia interaktif berada dalam kualifikasi sangat layak 80%. Hasil uji coba perorangan dalam kategori sangat layak 81%. Hasil uji coba kelompok kecil dalam kategori sangat layak 87%. Hasil uji coba kelompok besar atau uji coba lapangan dalam kategori sangat layak 96%. Saran yang diajukan berkaitan dengan pemanfaatan dan pengembangan selanjutnya sebagai berikut (1) pengajar hendaknya disarankan untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan pesan pembelajaran yang terdapat dalam multimedia interaktif ini agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan kreatif inovatif dan tidak membosankan (2) mengembangkan produk multimedia interaktif untuk mata kuliah komunikasi massa ataupun mata kuliah lainnya (3) pemanfaatan desain pada multimedia interaktif disarankan lebih menarik sehingga pembelajaran dapat dilakukan dengan lebih interaktif dan menarik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57139

Actions (login required)

View Item View Item