Pengembangan media tutorial pembelajaran mata kuliah pengembangan media foto (fotografi) pembelajaran S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Mochamad Desta Pradana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media tutorial pembelajaran mata kuliah pengembangan media foto (fotografi) pembelajaran S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Mochamad Desta Pradana

Pradana, Mochamad Desta (2012) Pengembangan media tutorial pembelajaran mata kuliah pengembangan media foto (fotografi) pembelajaran S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Mochamad Desta Pradana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan media tutorial fotografi. Salah satu upaya dalam pemecahan masalah belajar yaitu melaksanakan pengembangan sumber belajar salah satunya yaitu dengan mengembangkan tutorial pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan pembelajaran mata kuliah Pengembangan media foto (fotografi) pembelajaran di program S-1 jurusan TEP Universitas Negeri Malang masih menggunakan media pembelajaran (by utilization). Oleh karena itu maka perlu untuk mengembangkan media (by desaign) tutorial pembelajaran guna mengatasi kesalahan yang fatal dalam penyampaian pesan-pesan pembelajaran. Tujuan Pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran mata kuliah Pengembangan Media Foto (Fotografi) Pembelajaran berupa media Tutorial panduan dosen dan panduan mahasiswa yang diharapkan dapat membantu mahasiswa mendapatkan pengetahuan mengenai fakta konsep dan prosedur pemotretan yang benar. Selain itu media Tutorial pembelajaran yang dihasilkan diharapkan dapat mengatasi minimnya media pembelajaran yang tersedia di Jurusan TEP Universitas Negeri Malang sekaligus dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa sebagai salah satu sumber belajar untuk mata kuliah PengembanganMedia Foto (fotografi) Pembelajaran. Metode pengembangan media tutorial pembelajaran yang digunakan ini berdasarkan kajian Teknologi Pembelajaran dengan mengacu pada rancangan model pengembangan ADDIE. Adapaun prosedur pengembagan Model ADDIE yaitu (1) analyze (2) design (3) development (4) implementation (5) evaluation. Produk pengembangan media tutorial pembelajaran kemudian mengalami proses uji coba proses uji coba dilaksanakan untuk mendapatkan data sebagai bahan penyempurnaan produk pengembangan. Tahapan-tahapan uji coba yang dilaksanakan adalah (1) uji ahli isi/ ahli materi (2) uji ahli desain (3) uji ahli media (4) uji coba perorangan (5) uji coba kelompok kecil (6) uji coba kelompok besar/ uji coba lapangan. Produk pengembangan yang dihasilkan berupa media Tutorial pembelajaran mata kuliah pengembangan media foto (fotografi) yang terdiri dari tiga komponen yaitu media tutorial pembelajaran panduan dosen dan panduan mahasiswa. Media tutorial pembelajaran ini memiliki karakteristik (1) media tutorial pembelajaran mata kuliah pengembangan media foto (fotografi) pembelajaran didesain sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa. Sesuai dengan kebutuhan dalam hal ini dimaksudkan media tutorial pembelajaran sudah dirancang sesuai dengan kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa setelah menyelesaikan perkuliahan ini (2) media tutorial pembelajaran mata kuliah pengembangan media foto (fotografi) pembelajaran dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar yang diharapkan dapat memudahkan mahasiswa dalam belajar dan memudahkan tugas dosen dalam pembelajaran (3) media tutorial pembelajaran mata kuliah pengembangan media foto (fotografi) pembelajaran sangat diperlukan di jurusan TEP universitas negeri malang karena sampai saat ini belum ada media pembelajaran tutorial yang didesain sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa. Spesifikasi media yang dikembangkan memiliki keistimewaan sebagai berikut (1) media tutorial pembelajaran ini dirancang secara sistematis dan materinya disusun sesuai dengan kurikulum Jurusan TEP Universitas Negeri Malang (2) penyajiannya yang sistematis dan logis disertai dengan gambar-gambar berwarna sehingga membantu mahasiswa dalam memahami konsep fakta dan prosedur dengan lebih jelas (3) menggunakan bahasa yang komunikatif lugas dan jelas serta tingkat kesulitan bahasa disesuaikan dengan taraf perkembangan peserta didik (4) media tutorial pembelajaran ini dirancang untuk pembelajaran mahasiswa aktif melalui contoh-contoh dan latihan-latihan serta aktivitas-aktivitas yang sesuai dengan substansi materi diharapkan dapat mengajak mahasiswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Hasil uji coba ahli isi untuk produk pengembangan media tutorial pembelajaran Pengembangan media foto (fotografi) pembelajaran berada dalam kualifikasi layak 73%. Hasil uji coba ahli media untuk produk pengembangan media tutorial berada dalam kualifikasi sangat layak 83%. Hasil uji coba ahli desain untuk produk pengembangan media tutorial berada dalam kualifikasi sangat layak 82%. Hasil uji coba perorangan dalam kategori layak 70%. Hasil uji coba kelompok kecil dalam kategori layak 70%. Hasil uji coba kelompok besar atau uji coba lapangan dalam kategori sangat layak 95%. Saran yang diajukan berkaitan dengan pemanfaatan dan pengembangan selanjutnya sebagai berikut (1) pengajar hendaknya disarankan untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan pesan pembelajaran yang terdapat dalam media tutorial ini agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan kreatif inovatif dan tidak membosankan (2) mengembangkan produk media tutorial untuk mata kuliah pengembangan media foto (fotografi) pembelajaran ataupun mata kuliah lainnya (3) pemanfaatan desain pada media tutorial disarankan lebih menarik sehingga pembelajaran dapat dilakukan dengan lebih interaktif dan menarik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57137

Actions (login required)

View Item View Item