Pengembangan multimedia interaktif mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pokok bahasan sistem perekonomian Indonesia dan pelaku-pelaku ekonomi kelas VIII di MTs. Negeri 1 Lawang / Ansori

Ansori (2012) Pengembangan multimedia interaktif mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pokok bahasan sistem perekonomian Indonesia dan pelaku-pelaku ekonomi kelas VIII di MTs. Negeri 1 Lawang / Ansori. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Multimedia Interaktif, SistemPerekonomian Indonesia, Pelaku-PelakuEkonomi. Perkembanganteknologi multimedia menjanjikanpotensibesardalammerubahcaraseseoranguntukbelajardanmemperolehinformasi. Penggunaan multimedia memberikanpeluangbagiguruuntukmengembangkanteknikpembelajaranyang lebihberagam.Sedangkanbagipebelajar, penggunaan multimedia akanmemudahkanmerekauntukmenentukandenganapadanbagaiamanamenyerapinformasisecaraefektifdanefisien.Berdasarkanhasilobservasiawal di MTs. Negeri 1 Lawang,ditemukan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII F, guru belum menggunakan media pembelajaran yangsesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik pebelajar yang beragam. Untuk itu,salah satu alternatif untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan mengembangkan Multimedia Interaktif yangsesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik pebelajar. Penelitian ini bertujuan untukmerancang dan membuat media pembelajaranyang disajikandalambentuk CD Multimedia InteraktifberisimateriSistem Perekonomian Indonesia Dan Pelaku-Pelaku Ekonomi. Prosedurpelaksanaanpengembangan Multimedia InteraktifinidilakukandenganmengggunakanR & D cycle yang diadaptasidari Borg & Gall (1983), yang meliputienamtahapan: (1) penelitiandanpengumpulaninformasi, (2) perencanaanprodukdandisain, (3) pengembangandrafprodukawal, (4) ujicobalapanganawal, (5) revisiproduk, (6) ujicobalapanganutama. Data dikumpulkanmenggunakanteknikobservasi, wawancara, angket, dandokumentasi.Sedangkanuntukanalisis data digunakananalisisdeskriftifkualitatifdananalisis data kuantitaif. Hasilanalisis data menunjukkanbahwa Multimedia Interaktifinimemenuhikriteria valid/layak, berdasarkanperolehandariahliisi/materipelajaran 74%, ahlidisainpembelajaran 78%, ahli media pembelajaran 79%, guru bidangstudi 74%, ujicobalapanganawal88%, danujicobalapanganutama 85%. Berdasarkanhasiltemuanpengembang, beberapa saran dapatdiberikan, di antaranya: penggunaan Multimedia Interaktif ini hendaknya digunakanpadapebelajarKelas VIII, dan pengoperasiannya harus didikung dengan PC/Laptop yang memiliki spesifikasi minimalberupa CD ROM, Microsoft Windows, processorIntel Pentium IV 1.60 GHz, Memory 1 GB of RAM, dan VGA 512 MB.Upayapengembangan Multimedia Interaktifberikutnyaperluditindaklanjutiterutamapadamateri-materi IPS lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57136

Actions (login required)

View Item View Item