Hidayat, Wira (2012) Pengembangan paket pembelajaran kewirausahaan kelas X/1 SPP-SPMA Provinsi Kalimantan Barat / Wira Hidayat. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis. Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang(UM). Pembimbing (1) Prof. Dr. I. Nyoman Sudana Degeng M.Pd (II) Dr. Anselmus J.E Toenlioe M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Paket Pembelajaran Mata Pelajaran Kewirausahaan. Mata pelajaran Kewirausah aan merupakan mata pelajaran adaptif yang diberikan pada Siswa Menengah Atas/Kejuruan (SMK). Mata pelajaran ini wajib diikuti oleh siswa mulai dari siswa kelas X XI dan XII. Selain memberikan bekal ilmu mata pelajaran ini juga sebagai salah satu mata pelajaran yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat berwirausaha mandiri serta percaya diri untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Di SPP-SPMA Provinsi Kalimantan Barat pelajaran ini wajib dikuti oleh siswa. Berdasarkan pengamatan di lapangan menunjukkan bahwa di SPP-SPMA Provinsi Kalimantan Barat perlu adanya suatu sumber belajar yang tidak hanya memberikan ilmu tetapi lebih dari itu yaitu mata pelajaran yang mampu menumbuhkan motivasi semangat untuk berkarya sehingga tertanam rasa percaya diri pada siswa. Tujuan pengembangan paket pembelajaran kewirausahaan adalah menghasilkan satu paket pembelajaran kewirausahaan kelas X semester I untuk Siswa SPP-SPMA Provinsi Kalimantan Barat yang berupa bahan ajar panduan guru dan panduan siswa sehinggga dengan adanya paket ini mampu menumbuhkan semangat untuk belajar dan berkarya. Paket pembelajaran kewirausahaan dikembangkan berdasarkan kajian Teknologi Pembelajaran menurut rancangan pembelajaran model Dick Carey dengan langkah-langkah sebagai berikut (1) mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran (2) melakukan analisis pembelajaran (3) mengidentifikasi tingkah laku masukan (4) merumuskan tujuan khusus pembelajaran (5) mengembangkan butir-butir tes acuan patokan (6) mengembangkan startegi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran (8) merancang dan melakukan penilaian formatif (9) merevisi pembelajaran. Paket pembelajaran kewirausahaan yang dihasilkan berupa bahan ajar panduan guru dan panduan siswa. Untuk mendapatkan paket pembelajaran yang baik penulis harus mendapatkan masukan dan saran serta penilaian dari para ahli pembelajaran. Paket pembelajaran ditanggapi serta dinilai oleh (1) ahli isi mata pelajaran kewirausahaan (2) ahli desain pembelajaran (3) ahli media pembelajaran (4) guru bidang studi (5) serta melibatkan siswa sebagai uji lapangan. Hasil penilaian/tanggapan yang diberikan oleh para ahli sebagai berikut (1) ahli isi memperoleh persentase 94.79% ahli desain pembelajaran 82.25% (3) ahli media pembelajaran 97.05% (4) guru bidang studi 91.83% (5) uji lapangan oleh siswa 89.10%. Secara keseluruhan paket pembelajaran kewirausahaan yang dikembangkan berdasarkan penilaian di atas layak untuk dikembangkan serta di aplikasikan di SPP-SPMA Provinsi Kalimantan Barat. Saran selanjutnya dalam pemgembangan paket pembelajaran adalah (1) apabila ingin mengembangkan produk lebih lanjut diharapkan lebih bervariasi baik dari segi model maupun dari perangkat pembelajaran (2) sebaiknya dapat menghasilkan media tambahan yang dapat mendukung pembelajaran kewirausahaan (3) paket pembelajaran yang didesain sebaiknya disesuaikan dengan keadaan sehingga tidak menoton dan membuat jenuh bagi siswa sebaliknya paket pembelajaran kewirausahaan yang dibuat justru dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57135 |
Actions (login required)
View Item |