Pengembangan paket pembelajaran budidaya tanaman karet untuk kelas X SPMA Negeri Provinsi Jambi / Suhardin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran budidaya tanaman karet untuk kelas X SPMA Negeri Provinsi Jambi / Suhardin

Suhardin (2012) Pengembangan paket pembelajaran budidaya tanaman karet untuk kelas X SPMA Negeri Provinsi Jambi / Suhardin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Progam Studi Teknologi Pembelajaran Progam Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd . (2) Dr. AJE Toenlioe M.Pd Kata kunci Paket Pembelajaran Pengembangan Budidaya Tanaman Karet. Teknologi pembelajaran memiliki tujuan utama untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah belajar. Pemecahan masalah belajar tersebut amat penting karena terkait dengan peningkatan kualitas pembelajaran peningkatan ini dapat ditempuh dengan mengarahkan kegiatan pembelajaran pada tiga aspek penting yaitu keefektifan efisien dan daya tarik. Salah satu peran besar bidang teknologi pembelajaran adalah penyedian sumber-sumber belajar melalui kegiatan pengembangan (development). Sementara itu kondisi di lapangan kususnya pada Sekolah Pertanian Menengah Atas (SPMA) Negeri Provinsi Jambi belum tersedia bahan ajar yang benar-benar dirancang untuk pembelajaran. Siswa SPMA Negeri Provinsi Jambi belum memiliki bahan ajar yang khusus terutama budidaya tanaman karet. Bahan pembelajar yang ada selama ini hanya berupa buku yang judulnya bermacam-macam. . Oleh karena itu dirasakan perlu untuk mengembangkan paket pembelajaran yang terwujud dalam bentuk bahan ajar yang dilengkapi dengan panduan siswa dan panduan guru. Bahan pembelajaran yang dipilih dan dikembangkan dalam penelitan ini adalah untuk mata pelajaran ketrampilan dengan mengambil satu bahasan tentang budidaya tanaman karet. Hal tersebut sesuai dengan pelaksanaan progam pendidikan pertanian yang mengutamakan pembelajaran ketrampilan yang berorientasi agribisnis. Keterwakilan waktu dan tempat tertentu menjadi alasan dikembangkannya paket pembelajaran ini. Paket pembelajaran ini dalam pengembangannya menggunakan model Dick Carey. Hasil dari evaluasi tahap pertama 87 58 % evaluasi tahap kedua 98 46% dan uji lapangan 99 44 % dapat disimpulkan bahwa produk paket pembelajaran budidaya tanaman karet dianggap telah memenuhi syarat atau kriteria kelayakan melalui tahapan penyusunan analisis dan revisi produk.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57134

Actions (login required)

View Item View Item