Pengaruh metode pembelajaran (STAD VS Presentasi) dan Lokus kendali terhadap hasil belajar (Keefektifan dan daya tarik pembelajaran) mahasiswa pada mata kuliah metode penelitian di Jurusan Pendidikan Olahraga FIK Unesa / Miftah Faris Prima Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode pembelajaran (STAD VS Presentasi) dan Lokus kendali terhadap hasil belajar (Keefektifan dan daya tarik pembelajaran) mahasiswa pada mata kuliah metode penelitian di Jurusan Pendidikan Olahraga FIK Unesa / Miftah Faris Prima Putra

Putra, Miftah Faris Prima (2012) Pengaruh metode pembelajaran (STAD VS Presentasi) dan Lokus kendali terhadap hasil belajar (Keefektifan dan daya tarik pembelajaran) mahasiswa pada mata kuliah metode penelitian di Jurusan Pendidikan Olahraga FIK Unesa / Miftah Faris Prima Putra. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci metode pembelajaran lokus kendali dan hasil belajar Mata kuliah metode penelitian merupakan mata kuliah pendukung utama bagi mahasiswa dalam melakukan penelitian. Bila dalam mata kuliah tersebut mahasiswa belum mampu memahami prosedur pelaksanaan penelitian dapat diasumsikan mereka akan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas melakukan penelitian. Apabila hal tersebut terjadi besar kemungkinan kululusan S1 yang waktu normalnya dapat ditempuh delapan semester maka akan terhambat. Nilai rata-rata UAS mata kuliah metode penelitian adalah 61 4 atau C. Hasil belajar yang kurang baik tersebut merupakan masalah yang perlu dicari penyelesaiannya agar tujuan pembelajaran bisa tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode pembelajaran (STAD dan presentasi) dan lokus kendali (internal dan eksternal) terhadap hasil belajar (keefektifan dan daya tarik pembelajaran). Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh utama (main effect) dan pengaruh interaksi (interaction effect) variabel metode pembelajaran dan lokus kendali terhadap hasil belajar. Rancangan penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen nonequivalent pretests-postest control group design dengan desain faktorial 2 x 2. Subyek penelitiannya adalah mahasiswa angkatan 2009 Jurusan Pendidikan Olahraga FIK UNESA yang berjumah lima kelas. Teknik pengambilan subyek penelitian dilakukan dengan cara purposive random sampling. Dua kelas yang terpilih adalah kelas B dengan jumlah 34 mahasiswa dan D dengan jumlah 30 mahasiswa. Kelas B diajar dengan metode presentasi sedangkan kelas D diajar dengan metode STAD. Data orientasi lokus kendali diambil dengan instrumen lokus kendali yang dikembangkan oleh Rotter (1966) dan telah digunakan oleh Degeng dan Pali (2001) dalam penelitiannya data kecermatan penguasaan atau unjuk kerja diambil dengan instrumen keefektifan pembelajaran yang dikembangkan sendiri oleh peneliti sedangkan data kemenarikan pembelajaran diambil dengan instrumen daya tarik pembelajaran yang dikembangkan dan digunakan oleh Degeng dan Pali (2001). Untuk mengetahui gambaran penyebaran data penelitian digunakan analisis deskriptif. Sedangan untuk mengetahui perbedaan dan interaksi antar variabel digunakan analisis manova. Semua pengujian hipotesis dalam penelitian tersebut dilakukan dengan alpha ( 945 ) 5% atau 0 05. Sesuai dengan hipotesis yang diajukan pengujian hipotesis menemukan (1) nilai F 1 941 dan nilai Sig. 0 169 sehingga nilai Sig. 945 atau 0 169 0 05. Dengan hasil tersebut hipotesis Ho diterima artinya tidak terdapat perbedaan keefektifan pembelajaran pada mata kuliah metode penelitian antara kelompok mahasiswa yang belajar melalui metode pembelajaran STAD dengan kelompok mahasiswa yang belajar melalui metode pembelajaran presentasi. Ini terjadi pada kondisi orientasi lokus kendali internal maupun eksternal (2) nilai F 23 697 dan nilai Sig. 0 000 sehingga nilai Sig. 945 atau 0 000 0 05. Dengan hasil tersebut hipotesis Ho ditolak artinya terdapat perbedaan daya tarik pembelajaran pada mata kuliah metode penelitian antara kelompok mahasiswa yang belajar melalui metode pembelajaran STAD dengan kelompok mahasiswa yang belajar melalui metode pembelajaran presentasi. Ini terjadi pada kondisi orientasi lokus kendali internal maupun eksternal (3) nilai F 0 543 dan nilai Sig. 0 464 sehingga nilai Sig. 945 atau 0 464 0 05. Dengan hasil tersebut hipotesis Ho diterima artinya tidak terdapat perbedaan keefektifan pembelajaran pada mata kuliah metode penelitian antara kelompok mahasiswa yang berorientasi lokus kendali internal dengan kelompok mahasiswa yang berorientasi lokus kendali eksternal. Ini terjadi pada kelas STAD maupun kelas presentasi (4) nilai F 0 129 dan nilai Sig. 0 720 sehingga nilai Sig. 945 atau 0.720 0 05. Dengan hasil tersebut hipotesis Ho diterima artinya tidak terdapat perbedaan daya tarik pembelajaran pada mata kuliah metode penelitian antara kelompok mahasiswa yang berorientasi lokus kendali internal dengan kelompok mahasiswa yang berorientasi lokus kendali eksternal. Ini terjadi pada kelas STAD maupun kelas presentasi (5) nilai F 0 228 dan nilai Sig. 0 635 sehingga nilai Sig. 945 atau 0.635 0 05. Dengan hasil tersebut hipotesis Ho diterima artinya tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan orientasi lokus kendali terhadap keefektifan pembelajaran (6) nilai F 0 020 dan nilai Sig. 0 888 sehingga nilai Sig. 945 atau 0 888 0 05. Dengan hasil tersebut hipotesis Ho diterima artinya tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan orientasi lokus kendali terhadap daya tarik pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikemukakan saran-saran yang terkait dengan pemanfaatan hasil penelitian dan penelitian lebih lanjut sebagai berikut (1) menerapkan metode pembelajaran kooperatif seperti STAD dalam mata kuliah metode penelitian di Jurusan Pendidikan Olahraga FIK UNESA (2) penelitian lanjutan hendaknya diarahkan dengan menambahkan variabel terikat yaitu variabel efisiensi pembelajaran (3) penelitian lanjutan hendaknya menggunakan kelas atau kelompok yang jumlah orientasi lokus kendalinya setara antara orientasi lokus kendali internal dengan orientasi lokus kendali eksternal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57133

Actions (login required)

View Item View Item