Pengembangan paket pembelajaran tanah dan pupuk untuk siswa kelas X SMK - SPP Provinsi Maluku / Yanti Rumasukun - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran tanah dan pupuk untuk siswa kelas X SMK - SPP Provinsi Maluku / Yanti Rumasukun

Rumasukun, Yanti (2012) Pengembangan paket pembelajaran tanah dan pupuk untuk siswa kelas X SMK - SPP Provinsi Maluku / Yanti Rumasukun. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Paket Pembelajaran Mata Pelajaran Tanah dan Pupuk SMK SPP Provinsi Maluku Pengembangan paket pembelajaran merupakan upaya untuk mempermudah proses pembelajaran dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas dalam kegiatan pembelajaran sehingga pengembangan paket pembelajaran senantiasa perlu dilakukan. Mata pelajaran Tanah dan Pupuk merupakan mata pelajaran yang diajarkan di kelas X (semester 1 dan 2). Kegiatan pembelajaran Tanah dan Pupuk bertujuan agar siswa mampu mengenal kondisi tanah dan memperbaikinya serta mampu melakukan pemupukan dengan tepat dan benar. Berdasarkan hasil pengamatan pengembang ditemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran mata pelajaran Tanah dan Pupuk di SMK - SPP Provinsi Maluku antara lain (a) bahan ajar mata pelajaran Tanah dan Pupuk yang tersedia belum lengkap (b) sumber belajar tentang Tanah dan Pupuk yang ada masih sangat kurang bahan ajar yang ada hanya berupa buku-buku umum yang tidak sesuai dengan kurikulum KTSP dan (c) guru mata pelajaran Tanah dan Pupuk membuat dan menggunakan bahan ajar yang komponennya dibuat terpisah-pisah dan tidak diberikan kepada siswa secara utuh sehingga menyulitkan siswa pada saat proses pembelajaran. Tujuan pengembangan paket pembelajaran ini adalah menghasilkan produk berupa paket pembelajaran mata pelajaran Tanah dan Pupuk untuk siswa kelas X SMK - SPP Provinsi Maluku yang berupa bahan ajar panduan siswa dan panduan guru sehingga dengan adanya paket pembelajaran ini dapat memudahkan dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Paket pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan kajian teknologi pembelajaran dengan mengacu pada rancangan pembelajaran model Dick Carey (2001). Prosedur pengembangan model ini terdiri atas sepuluh langkah namun dalam pengembangan ini hanya dilakukan sembilan langkah yaitu (a) mengidentifikasi tujuan pembelajaran (b) melakukan analisis pembelajaran (c) menganalisis karakteristik siswa dan konteks pembelajaran (d) merumuskan tujuan pembelajaran khusus (e) mengembangkan instrumen penilaian (f) mengembangkan strategi pembelajaran (g) mengembangkan dan memilih materi pelajaran (h) mendesain dan melaksanakan evalausai formatif dan (i) merevisi pembelajaran. Hasil ahli isi mata pelajaran menunjukkan bahwa produk pengembangan (bahan ajar panduan siswa dan panduan guru) berada pada kualifikasi sangat baik (88 44%). Hasil ahli desain pembelajaran menunjukkan bahwa produk pengembangan (bahan ajar panduan siswa dan panduan guru) berada pada kualifikasi baik (78 13%). Hasil ahli media pembelajaran menunjukkan bahwa produk pengembangan (bahan ajar panduan siswa dan panduan guru) berada pada kualifikasi sangat baik (96 05%). Hasil uji coba perorangan menunjukkan bahwa produk pengembangan (bahan ajar dan panduan siswa) berada pada kualifikasi sangat baik (87 87%). Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa produk pengembangan (bahan ajar dan panduan siswa) berada pada kualifikasi sangat baik (89 19%). Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa produk pengembangan (bahan ajar panduan siswa dan panduan guru) berada pada kualifikasi sangat baik (91 08%). Kelebihan paket pembelajaran ini adalah (1) bahan ajar yang dikembangkan didesain dengan lay out dan warna yang menarik minat untuk membaca/mempelajarinya dan (2) pada bahan ajar terdapat glosarium yang dapat memudahkan siswa memahami kata-kata yang sulit. Sedangkan kelemahan paket pembelajaran ini adalah (1) bahan ajar ini tidak lengkapi dengan program pengayaan dan perbaikan (remedial) dan (2) bahan ajar ini memerlukan media pendukung lain yang berupa CD.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57132

Actions (login required)

View Item View Item