Pengembangan paket pembelajaran kimia kelas X di SMK-SPP Negeri Bengkulu / Deslianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran kimia kelas X di SMK-SPP Negeri Bengkulu / Deslianto

Deslianto (2012) Pengembangan paket pembelajaran kimia kelas X di SMK-SPP Negeri Bengkulu / Deslianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Paket Pembelajaran Kimia Pengembangan paket pembelajaran merupakan salah satu upaya memecahkan masalah belajar berdasarkan kajian teknologi pembelajaran dengan mengacu pada rancangan pembelajaran model Dick Carey. Pengembangan paket pembelajaran ini diharapkan dapat mengoptimalkan proses pembelajaran membantu guru dalam memfasilitasi pembelajaran dan memungkinkan siswa belajar mandiri. Produk paket pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari bahan ajar panduan guru dan panduan siswa. Berdasarkantinjauanparaahlidansubyekujicobalapangan diperoleh data sebagaiberikut secaraumumtanggapanahliisimatapelajaranterhadapprodukpengembanganberadapadakualifikasisangatlayak(83 22%) ahlidesainpembelajaranmemperlihatkanprodukpengembanganberadapadakualifikasilayak(78 28%) sementarahasilpenilaianahli media terhadapprodukpengembanganberadapadakualifikasisangatlayak (95 48%). Hasilujiperoranganmenunjukkanprodukpengembanganmemperolehpersentasesebesar 84 81% dengankualifikasisangatlayak. Tanggapansubyekujicobakelompokkecilterhadappanduanprodukpengembanganberadadalamkriteriasangatlayak (87 10%) sementarahasilujilapangmenunjukkanprodukpengembanganberadapadakualifikasisangatlayak(90 95%). Hasil rata-rata pre testdanpost testmenunjukkanadanyapeningkatanprestasibelajarsiswasebelummenggunakanbahan ajar (56 8) dibandingkandengansetelahmenggunakanbahan ajar (79 6). Kelebihan paket pembelajaran ini adalah 1) terdiridari 3 komponenyaitubahan ajar panduan guru danpanduansiswa 2) didesaindengan layout warnadangambar yang menarik 3) disusun secara sistematis 4) dapat rmempermudah proses belajar mengajar di kelas. Adapunkelemahannyaadalah 1) tidaklengkapidengan program pengayaandanperbaikan (remidiasi) 2) memerlukan media pendukung lain seperti audio-visual 3) disusunberdasarkankarakteristiksiswa SMK-SPP Negeri Bengkulu Saran yang diajukan sebagai berikut 1) sebelum menggunakan bahan ajar siswa diharapkan membaca terlebih dahulu petunjuk penggunaan bahan ajar 2) bahan ajar hanya dipakai di SMK-SPP Negeri Bengkulu 3) penggunaan oleh siswa lain perlu kembali menganalisis kebutuhan siswa agar materi yang ada pada bahan ajar benar-benar sesuai dengan karakteristik siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57130

Actions (login required)

View Item View Item