Pengembangan paket pembelajaran manajemen agribisnis untuk siswa kelas X Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Samarinda / Masrudah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran manajemen agribisnis untuk siswa kelas X Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Samarinda / Masrudah

Masrudah (2012) Pengembangan paket pembelajaran manajemen agribisnis untuk siswa kelas X Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Samarinda / Masrudah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Paket Pembelajaran Manajemen Agribisnis. Pengembangan paket pembelajaran dimaksudkan untuk memotivasi dan memudahkan siswa belajar. Paket pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan kajian teknologi pembelajaran dengan mengacu pada rancangan pembelajaran Dick Carey (2001). Prosedur pengembangan hanya dilakukan sembilan langkah. Paket pembelajaran yang dikembangkan berupa mata pelajaran Manajemen Agribisnis untuk siswa SPPN Samarinda kelas X semester 2 terdiri dari 3 bagian yaitu bahan ajar panduan pembelajar (guru) dan panduan pebelajar (siswa). Upaya pengembangan paket pembelajaran dilakukan melalui lima tahapan yaitu (1) menentukan mata pelajaran yang akan dikembangkan (2) mengidentifikasi kurikulum mata pelajaran yang akan dikembangkan (3) merumuskan langkah-langkah pengembangan (4) uji coba dan (5) revisi produk pengembangan. Hasil uji coba ahli isi mata pelajaran berada dalam kategori sangat baik hasil uji coba ahli media pembelajaran berada dalam kategori sangat baik dan hasil uji coba ahli desain pembelajaran berada dalam kategori baik. Hasil uji coba perorangan terdapat kesalahan pengetikan bahan ajar kesalahan menggunakan tanda baca kesalahan penggunaan huruf kecil dan besar kata-kata/istilah yang sukar dipahami kesalahan keterangan gambar dan kesalahan pengetikan panduan siswa. Hasil uji coba kelompok kecil terhadap bahan ajar dan panduan siswa dalam kategori sangat baik. Hasil uji coba lapangan penilaian siswa terhadap bahan ajar dan panduan siswa dalam kategori sangat baik dan hasil uji coba lapangan penilaian guru terhadap bahan ajar dan panduan guru dalam kategori sangat baik. Hasil pretes dan postes dari uji coba lapangan sebanyak tiga kali menunjukkan bahwa t-hitung (hasil observasi) lebih besar dari t-tabel sehingga dapat dikatakan bahwa bahan ajar yang digunakan efektif. Kelebihan paket pembelajaran ini adalah (1) disusun secara sistematis (2) dapat menimbulkan minat belajar siswa dan (3) dapat memudahkan proses pembelajaran siswa. Sedangkan kelemahan paket ini adalah disusun berdasarkan karakteristik siswa SPPN Samarinda. Saran yang diajukan yaitu (1) bahan ajar digunakan sebagai media pembelajaran (2) bahan ajar Manajemen Agribisnis hanya dipakai di SPPN Samarinda dan (3) apabila digunakan di tempat lain perlu dilakukan penyesuaian seperlunya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57128

Actions (login required)

View Item View Item