Ikwanto, Agus (2012) Pengembangan paket pembelajaran perbanyakan tanaman secara vegetatif kelas X SPMA H. Moenadi Ungaran / Agus Ikwanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Latar belakang pengembangan Pengembangan paket pembelajaran Prosedur pengembangan Hasil pengembangan paket pembelajaran. Bahan ajar yang diterbitkan untuk dipakai di sekolah-sekolah sekarang ini penyusunanya seringkali tanpa mempertimbangkan struktur isi bidang studi untuk keperluan pembelajaran. Isi buku teks lebih banyak menggunakan pendekatan disiplin bukan pendekatan metodologi pembelajaran sehingga seringkali terlihat tidak ada kaitan antar bab yang satu dengan bab lainnya atau bagian-bagian bab yang lebih rinci. Oleh karena itu perlu adanya upaya penyediaan paket pembelajaran yang cocok/sesuai dengan keperluan kondisi dan lingkungan dimana siswa melakukan kegiatan belajar. Pengembangan paket pembelajaran sangat penting dikerjakan dengan alasan yaitu 1) dapat digunakan siswa sebagai salah satu sumber belajar yang diharapkan memudahkan dalam proses belajar baik secara individual 2) dapat memfasilitasi guru dalam proses pembelajaran dan memberi arah bagi guru dalam membimbing siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan tuntas 3) dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik klasikal maupun individual dan 4) dapat menjadi titik awal bagi lembaga sekolah untuk penetapan keputusan dalam memilih dan mengembangkan paket pembelajaran yang sesuai dengan lingkungan dan kebutuhan. Prosedur dalam pengembangan paket pembelajaran menggunakan model Dick and Carey dengan tahapan sebagai berikut 1) mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran 2) melakukan analisis pembelajaran 3) mengidentifikasi karakteris-tik siswa 4) merumuskan tujuan khusus pembelajaran 5) mengembangkan butir-butir tes acuan 6) pengembangan strategi pembelajaran 7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum yang sedang berlaku 8) merancang dan melaksanakan penilaian formatif 9) merevisi bahan pembelajaran dan 10) merancang dan melaksanakan evaluasi sumatif. Hasil pengembangan terhadap produk paket pembelajaran DKK Perbanyakan Tanaman Secara Vegetatif adalah sangat layak untuk digunakan dan dikembangkan. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi yang diperoleh dari para ahli yaitu penilaian ahli isi mata pelajaran terhadap paket pembelajaran adalah 130 atau 81 3% (kriteria sangat layak) penilaian ahli desain pembelajaran adalah 170 atau 75% berada dalam kriteria layak dan penilaian dari ahli media pembelajaran adalah 187 atau 85% dengan kriteria sangat layak).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57127 |
Actions (login required)
View Item |