Pengembangan paket pembelajaran kewirausahaan kontekstual dengan model Dick & Carrey untuk siswa kelas X SMP-PP Negeri Padang / Hendra Gusmedi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran kewirausahaan kontekstual dengan model Dick & Carrey untuk siswa kelas X SMP-PP Negeri Padang / Hendra Gusmedi

Gusmedi, Hendra (2012) Pengembangan paket pembelajaran kewirausahaan kontekstual dengan model Dick & Carrey untuk siswa kelas X SMP-PP Negeri Padang / Hendra Gusmedi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Punadji Setyosari M.Pd. M.Ed. (2) Dr. H. Sulton M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Model Dick Carey dan Paket Pembelajaran Kewirausahaan. Tujuan utama teknologi pembelajaran adalah untuk memecahkan masalah belajar atau memfasilitasi kegiatan pembelajaran. Pemecahan masalah belajar tersebut penting karena terkait dengan peningkatan kualitas pembelajaran. Dengan adanya proses pembelajaran yang berkualitas akan melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu upaya pemecahan masalah belajar yaitu melalui pengembangan paket pembelajaran seperti pengembangan paket pembelajaran kewirausahaan untuk siswa kelas X semester 2 SMK-PP Negeri Padang. Paket pembelajaran kewirausahaan terdiri dari 3 produk yaitu bahan ajar panduan siswa dan panduan guru. Paket pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan kajian teknologi pembelajaran dengan mengacu kepada rancangan pembelajaran model Dick Carey dengan langkah-langkah (1) mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran (2) melakukan analisis pembelajaran (3) menganalisis karakterisktik siswa (4) merumuskan tujuan khusus pembelajaran (5) mengembangkan butir-butir tes acuan patokan (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan melilih materi pembelajaran (8) merancang dan melakukan evaluasi formatif (9) merevisi pembelajaran (10) merancang dan melakukan evaluasi sumatif. Namun dalam pengembangan ini hanya dilakukan sampai langkah kesembilan. Hasil uji coba ahli isi untuk bahan ajar berada dalam kriteria sangat baik panduan siswa baik dan panduan guru sangat baik hasil uji coba ahli desain pembelajaran untuk bahan ajar berada dalam kriteria baik untuk panduan siswa sangat baik dan untuk panduan guru juga sangat baik hasil uji coba ahli media pembelajaran untuk bahan ajar berada dalam kriteria sangat baik untuk panduan siswa sangat baik dan untuk panduan guru juga sangat baik. Hasil uji coba perorangan untuk bahan ajar berada dalam kriteria sangat baik dan untuk panduan siswa baik hasil uji coba kelompok kecil untuk bahan ajar berada dalam kriteria sangat baik dan untuk panduan siswa juga sangat baik hasil uji lapangan untuk bahan ajar berada dalam kriteria sangat baik dan untuk panduan siswa juga sangat baik hasil tanggapan guru matapelajaran untuk bahan ajar berada dalam kriteria sangat baik dan untuk panduan guru juga sangat baik. Dari kajian produk yang telah direvisi diperoleh kesimpulan sebagai berikut (1) Produk paket pembelajaran kewirausahaan ini dikembangkan secara sistematis berdasarkan analisis kebutuhan empirik di lapangan (2) Produk paket pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan rancangan pembelajaran model Dick Carey. Penilaian pada langkah pengembangan dilakukan hanya sampai penilaian formatif saja setelah satu pokok bahasan tertentu selesai diuji cobakan dan (3) Produk paket pembelajaran ini dianggap telah memenuhi syarat atau kriteria kelayakan melalui tahapan penyusunan analisis dan revisi produk.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57126

Actions (login required)

View Item View Item