Pengembangan paket bahan ajar tajwid kelas VII SMP Tahfidz Al-Amien Prenduan Sumenep Madura / Abdul Hamid Bakir - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket bahan ajar tajwid kelas VII SMP Tahfidz Al-Amien Prenduan Sumenep Madura / Abdul Hamid Bakir

Bakir, Abdul Hamid (2012) Pengembangan paket bahan ajar tajwid kelas VII SMP Tahfidz Al-Amien Prenduan Sumenep Madura / Abdul Hamid Bakir. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan bahan ajar tajwid model Dick Carey. Mata Pelajaran Tajwid merupakan ilmu dasar untuk belajar cara membaca Al-Qur an secara baik baik dan benar juga menjadi syarat mutlak bagi siswa SMP Tahfidz Al-Amien sebelum memulai program menghafal Al-Qur an. Realisasi tujuan mata pelajaran tajwid tersebut memerlukan sumber belajar yang mendukung terhadap proses pembelajaran. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di lapangan melalui observasi dan wawancara ditemukan bahwa mayoritas siswa kelas VII SMP Tahfidz Al-Amien mengalami kesulitan dalam mempelajari Tajwid dengan berbagai alasan yang berbeda-beda diantaranya kesulitan membedakan antara satu hukum bacaan dengan hukum bacaan yang lain kesulitan dalam pengucapan huruf hijaiyah dan penerapan kaidah tajwid dalam membaca Al-Qur an dan bahan ajar yang digunakan minim dalam penyajian contoh penjelasan dan soal latihan. Permasalahan lainnya terletak pada proses pembelajaran hanya ditekankan pada kemampuan siswa untuk menghafal kaidah dan contoh-contoh tanpa dituntut untuk memahami konsep dari contoh maupun kaidah tersebut. Sehingga yang terjadi kemudian adalah ketika kegiatan belajar mengajar selesai siswa hanya pandai secara teori akan tetapi lemah dalam aplikasinya. Salah satu alternatif untuk memecahkan permasalahan tersebut adalah dengan merancang dan mengembangkan bahan ajar. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan paket bahan ajar mata pelajaran tajwid yang dirancang dan dikembangkan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan belajar siswa kelas VII SMP Tahfidz Al-Amien. Model yang digunakan dalam mengembangkan bahan ajar ini adalah model Dick Carey. Alasan pemilihan model Dick Carey didasarkan atas pemikiran bahwa model ini 1) menggunakan pendekatan sistem dengan langkah-langkah yang lengkap. 2) memiliki empat karakteristik yang harus dimiliki dalam pengembangan pembelajaran yaitu mengacu pada tujuan terdapat keserasian dengan tujuan sistematik dan berpedoman pada evaluasi. Produk pengembangan yang dihasilkan berupa bahan ajar panduan guru panduan siswa dan media pembelajaran. Produk tersebut telah diuji cobakan melalui beberapa tahapan yaitu uji coba ahli isi/materi uji coba ahli desain pembelajaran uji coba ahli media pembelajaran uji coba perorangan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Dari uji coba ahli isi/materi menunjukkan hasil bahwa produk pengembangan dalam kategori baik dan layak digunakan dengan prosentase sebesar 78%. Dari uji coba ahli desain pembelajaran menunjukkan hasil bahwa produk pengembangan dalam kategori baik dan layak digunakan dengan prosentase sebesar 75 5%. Dari uji coba ahli media pembelajaran menunjukkan hasil bahwa produk pengembangan dalam kategori baik dan layak digunakan dengan prosentase sebesar 82 5%. Dari uji coba perorangan menunjukkan hasil bahwa produk pengembangan dalam kategori baik dan layak digunakan dengan prosentase sebesar 75%. Dari uji coba kelompok kecil menunjukkan hasil bahwa produk pengembangan dalam kategori baik dan layak digunakan dengan prosentase sebesar 81 25%. Dari uji coba lapangan menunjukkan hasil bahwa produk pengembangan dalam kategori baik dan layak digunakan dengan prosentase sebesar 76 75%. Berdasarkan hasil dari semua uji coba yang telah dilakukan maka produk pengembangan secara keseluruhan berada dalam kategori baik dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57125

Actions (login required)

View Item View Item