Amien, Saiful (2012) Pengembangan paket pembelajaran bahasa Arab bagi pemula di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang / Saiful Amien. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Dr. Punaji Setyosari M.Pd. M.Ed. dan (II) Prof. Dr. Amat Mukadis M.Pd. Kata kunci Pengembangan paket pembelajaran bahasa Arab pemula. Berdasarkan hasil pengamatan di Program Khusus Pengajaran Bahasa Arab Fakultas Agama Islam UMM permasalahan pembelajaran yang paling banyak muncul baik dari proses maupun hasil belajar terdapat di kelas Jim (pemula). Pada tataran proses kebosanan kejenuhan bahkan keputus-asaan sering menjadi momok tersendiri bagi mereka. Sedangkan dari hasil belajar juga belum menunjukkan pencapaian tujuan yang optimal. Dari itu Pengembangan paket pembelajaran ini merupakan salah satu upaya untuk memecahkan masalah belajar bahasa Arab bagi mahasiswa pemula di Fakultas Agama Islam UMM. Paket pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan kajian teknologi pembelajaran dengan mengadaptasi model Dick Carey (2001). Prosedur pengembangan model ini terdiri atas sepuluh langkah namun dalam pengembangan ini hanya dilakukan sembilan langkah yakni (1) Mengidentifikasi tujuan pembelajaran (2) Melakukan analisis pembelajaran (3) Mengidentifikasi kemampuan awal dan karakteristik siswa (4) Merumuskan tujuan pembelajaran khusus (5) Mengembangkan butir-butir tes acuan patokan (6) Mengembangkan strategi pembelajaran (7) Mengembangkan dan memilih materi pembelajaran (8) Merancang dan melaksanakan evaluasi formatif (9) Merevisi pembelajaran. Paket pembelajaran yang dikembangkan ini hanya terbatas untuk kelas pemula pada materi marhala la (periode pertengahan awal semester ganjil) dan itu terdiri dari 3 bagian yaitu Kit buth Th lib (Buku Mahasiswa) Kit bul Mu allim (Buku Dosen) dan CD-Istim (Menyimak). Pada setiap buku tersebut diawali dengan pengenalan terhadap buku panduan belajar dan prosedur pembelajaran. Dengan begitu diharapkan pengguna buku dapat memahami apa yang mesti dilakukan dengan media cetak ini agar tujuan belajar/pembelajaran dapat tercapai optimal. ii Hasil validasi ahli isi untuk paket pembelajaran ini berada dalam kategori baik atau layak digunakan (77 8%) begitu juga dengan hasil validasi ahli desain (76 4%) dan ahli media pembelajaran (86 2%). Sedangkan hasil uji coba perorangan (3 orang) menunjukkan angka persentase 78% yang berarti baik dan produk ini layak digunakan. Demikian pula dengan hasil uji coba kelompok kecil yang melibatkan 9 mahasiswa FAI-UMM menunjukkan angka persentase 79 7% dan terakhir uji coba lapangan yang melibatkan 32 responden dari mahasiswa FAI memberikan nilai persentase 81 6%. Walaupun nilai hasil uji coba di atas dikatagorikan baik dan produk pengembangan tidak dituntut untuk perbaikan namun tetap saja kritik saran dan masukan dari para ahli dan responden dijadikan pertimbangan untuk merevisi paket pembelajaran ini. Keunggulan paket pembelajaran ini di antaranya adalah (1) disusun secara sistematis baik untuk pembelajaran mandiri maupun bersama dosen (2) melibatkan dan fokus pada seluruh kompetensi berbahasa dan (3) langsung praktik berbahasa tanpa banyak penjabaran teori/kaedah gramatikal. Sedangkan kelemahannya di antaranya 1) paket pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan karakteristik mahasiswa bahasa Arab tingkat pemula di FAI-UMM sehingga tidak bisa digunakan untuk semua kalangan 2) produk ini baru sebatas prototype paket pembelajaran yang telah divalidasi secara formatif namun belum diuji secara evaluatif untuk melihat tingkat efektifitas dan efisiensinya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jan 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57122 |
Actions (login required)
View Item |