Purnamayanti, Laksmi (2011) Pengembangan paket pembelajaran matematika kelas VII SMPLB-B di SLB Pembina Malang / Laksmi Purnamayanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis Jurusan Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M. Efendi M.Pd M.Kes. (II) Dr. Anselmus J.E Toen Lioe M.Pd. Kata kunci Pengembangan Paket Pembelajaran Matematika Tunarungu Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan satu paket pembelajaran matematika kelas VII SMPLB-B berupa buku cetak terdiri dari satu buku cetak bahan ajar satu buku cetak panduan guru dan satu buku cetak panduan siswa yang memperhatikan kebutuhan dan karakteristik siswa tunarungu taraf sedang dan ringan. Untuk mencapai tujuan tersebut pengembangan dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah model desain pembelajaran David Baine (1982). Langkah-langkah model ini dapat dikelompokkan sebagai berikut pertama mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa yang dapat mendukung atau menghambat pembelajaran. Kedua menganalisis kondisi analisis pengganti kekurangan dan analisis perbuatan. Ketiga merumuskan tujuan pembelajaran. Keempat membuat flowchart analisis tugas. Kelima menyusun materi pembelajaran. Keenam melakukan analisis hirarki pembelajaran dan ketujuh melakukan penilaian formatif. Selanjutnya dilakukan revisi rancangan sistem pembelajaran secara prosedural. Setelah melalui validasi yaitu (1) validasi isi mata pelajaran matematika (2) validasi bahasa anak tunarungu dan (3) validasi desain dan media pembelajaran dilanjutkan dengan uji coba yaitu (1) uji coba perorangan oleh dua orang siswa (2) uji coba kelompok kecil oleh dua orang siswa dan satu orang guru serta (3) uji coba lapangan oleh sepuluh orang siswa dan satu orang guru. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket wawancara observasi dan tes. Data yang didapatkan dianalisis secara deskriptif dan analisis logis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bahan ajar dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa tunarungu. Dalam kegiatan uji coba lapangan siswa diberi pretes dan postes. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa sebelum dan sesudah penggunaan paket pembelajaran berbeda. Dengan ungkapan lain dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan paket pembelajaran. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dilihat dari hasil analisis data yang menyimpulkan bahwa t hitung -37 364 dengan taraf signifikan 0 000. Sedangkan hasil dari distribusi tabel t dengan menggunakan derajat kebebasan 18 dan taraf signifikasi 0 05 diperoleh t tabel 1 734. Setelah membandingkan harga t hitung dan harga t tabel serta mean pretes dan mean postes maka hasil menunjukkan bahwa t hitung lebih kecil dari pada t tabel dan mean postes lebih tinggi dari pada mean pretes. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara sebelum dan setelah menggunakan bahan ajar matematika dengan model David Baine.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Nov 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57121 |
Actions (login required)
View Item |