Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer untuk mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas VII di SMPN I Jogoroto Jombang / Ahdanil Farikhi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer untuk mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas VII di SMPN I Jogoroto Jombang / Ahdanil Farikhi

Farikhi, Ahdanil (2011) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer untuk mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas VII di SMPN I Jogoroto Jombang / Ahdanil Farikhi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mohammad Efendi M.Pd M. Kes. (II) Dr. Waras Kamdi M.Pd. Kunci Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Model Kemp dan Dayton Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah mata pelajaran yang diajarkan pada seluruh siswa SMP kelas VII. Pembelajaran dalam mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi ini membahas tentang pengenalan operasi dasar peralatan komputer di dalamnya meliputi melihat visualisasi perangkat keras komputer dan mengamati serta menemukan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input proses storage dan output. Sehingga diharapkan setelah mengikuti pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi siswa akan memiliki pengetahuan dasar tentang perangkat keras komputer. Tujuan pengembangan Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif berbasis Komputer Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VII Di SMPN 1 Jogoroto Jombang ini adalah untuk membantu siswa SMP dalam memvisualisasikan mengamati dan menemukan perangkat keras keras yang berfungsi sebagai alat input proses storage dan output. Metode pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ini mengunakan model Kemp dan Dyton. Dimana tahap-tahap dalam pengembangan media interaktif oleh Kemp dan Dayton secara berurutan adalah (1) ide atau tujuan umum pembelajaran (2) tujuan khusus pembelajaran (3) karakteristik audiens (4) isi materi (5) treatment (6) storyboard (7) naskah (8) developing editing and mixing (9) testing and revising. Dari hasil uji validasi produk pengembangan didapat data sebagai berikut ahli isi atau materi dan Ahli media pembelajaran menyatakan produk mencapai kualifikasi tinggi dengan presentase jawaban 84% dan 83%. Dari hasil uji coba perorangan mengenai produk didapat rata-rata persentase 90% yang berarti produk berada pada kualifikasi sangat tinggi . Kemudian dari uji coba kelompok kecil didapat rata-rata persentase 87% yang berarti produk berada pada kualifikasi tinggi . Langkah terakhir pada uji coba kelompok besar didapat rata-rata persentase jawaban 88% yang berarti produk berada pada kualifikasi tinggi . Saran desiminasi produk pengembangan ini adalah agar produk ini dapat disebarluaskan dan digunakan oleh siswa SMP secara luas khususnya siswa SMP kelas VII. Namun penyebaran produk juga harus disertai dengan penyediaan fasilitas-fasilitas teknologi yang memadai seperti komputer atau laptop sound system dan proyektor untuk memfasilitasi penggunaan produk ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57120

Actions (login required)

View Item View Item