Pengembangan paket pembelajaran IPA biologi kelas VIII SMPLB-B SLB PTN Bagian C Malang dengan model Dick, Carey & Carey / Whening Dyah Triarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran IPA biologi kelas VIII SMPLB-B SLB PTN Bagian C Malang dengan model Dick, Carey & Carey / Whening Dyah Triarini

Triarini, Whening Dyah (2011) Pengembangan paket pembelajaran IPA biologi kelas VIII SMPLB-B SLB PTN Bagian C Malang dengan model Dick, Carey & Carey / Whening Dyah Triarini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

TTesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (II) Dr. Sulton M.Pd. Kata kunci pengembangan paket pembelajaran IPA Biologi model Dick Carey Carey Pengembangan merupakan bagian dari bidang garapan teknologi pembelajaran. Penelitian ini dilaksnakan untuk mengadakan pengembangan paket pembelajaran IPA Biologi Kelas VIII SMPLB-B. Tujuan pengembangan adalah 1) menghasilkan paket pembelajaran Biologi berupa buku teks dengan kalimat pendek dan lebih sederhana beserta kata-kata tertentu yang memerlukan bahasa isyarat serta dilengkapi dengan media visual berupa gambar statis panduan guru dan panduan siswa dengan memperhatikan karakteristik siswa Tunarungu Kelas VIII SMPLB-B di Sekolah Luar Biasa Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang yang mengalami hambatan dalam komunikasi bahasa verbal 2) membantu siswa tunarungu mempermudah belajarnya sehingga dapat meningkatkan kualitas belajarnya guna mencapai kompetensi dasar yang menjadi tuntutan kurikulum dengan memperhatikan karakteristik kebutuhannya. Pengembangan ini menggunakan model Dick Carey Carey dengan sembilan langkah yang terdiri dari 1) menilai kebutuhan untuk mengidentifikasi tujuan 2) analisa instruksional 3) mengidentifikasi kebutuhan dan konteks 4) merumuskan tujuan performa (unjuk kerja) 5) mengembangkan instrumen penilaian 6) mengembangkan strategi instruksional 7) mengembngkan dan memilih materi instruksional 8) melaksanakan evaluasi formatif 9) merevisi pembelajaran. Pengembangan ini melalui lima tahap yaitu 1) menetapkan matapelajaran yang akan dikembangkan 2) mengidentifikasi kurikulum matapelajaran yang dikembangkan 3) proses pengembangan bahan ajar IPA Biologi dengan Sembilan langkah Dick Carey Carey 4) menyusun bahan ajar panduan siswa dan panduan guru 5) uji coba produk yang meliputi tanggapan ahli isi mata pelajaran ahli desain dan media pembelajaran uji coba perorangan dan uji coba lapangan. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa tanggapan terhadap bahan ajar baik dari ahli isi ahli desain maupun ahli media menyatakan dalam kualifikasi sangat baik. Tanggapan terhadap panduan siswa maupun panduan guru dari ahli isi ahli desain maupun ahli media menyatakan telah memadai. Saran yang diajukan sehubungan dengan pemanfaatan adalah sebagai berikut 1) sebelum menggunakan bahan ajar ini sebaiknya guru membaca terlebih dahulu petunjuk penggunaan bahan ajar 2) bahan ajar ini hanya digunakan untuk siswa SLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang 3) apabila digunakan pada siswa lain sebaiknya dilakukan analisis kebutuhan siswa dahulu supaya materi bahan ajar sesuai dengan karakteristik siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57118

Actions (login required)

View Item View Item