Perdanasari, Nancy (2011) Pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap hasil belajar keterampilan berbicara bahasa Mandarin mahasiswa Politeknik Negeri Malang / Nancy Perdanasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis. Jurusan Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Ed. M.Pd. (II) Dr. H. Sulton M.Pd. Kata kunci penggunaan media gambar seri peningkatan keterampilan berbicara bahasa Mandarin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar berbicara mahasiswa yang menggunakan media gambar seri lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar mahasiswa yang tidak menggunakan media gambar seri pada mata kuliah bahasa Mandarin di Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi experiment) karena peneliti tidak bisa sepenuhnya melakukan kontrol. Ada dua variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebasnya adalah penggunaan media gambar seri sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan berbicara bahasa Mandarin. Subyek penelitian adalah mahasiswa semester IV pada Program D3 Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang yang terbagi menjadi kelompok eksperimen (25 orang) dan kelompok kontrol (26 orang). Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan gambar seri pada awal eksperimen diberikan prates baik kepada kelompok eksperimen maupun kontrol dan pada akhir eksperimen diberikan pascates kepada kedua kelompok tersebut. Bagi kelompok eksperimen hasil prates adalah 50 93 dan hasil pascates adalah 60 26 sedangkan bagi kelompok kontrol hasil prates adalah 49 74 dan hasil pascates adalah 52 56. Dengan menggunakan SPSS for Windows dilakukan uji-t terhadap nilai prates dan pascates bagi kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol. Hasilnya ditemukan t-hitung 5 03 untuk kelompok eksperimen dengan t-tabel 1 711 dan ditemukan t-hitung 1 85 untuk kelompok kontrol dengan t-tabel 1 708. Kedua nilai t-hitung tersebut memiliki taraf signifikansi 0.05. Ini berarti bahwa kemampuan berbicara bahasa Mandarin pada kelompok eksperimen meningkat lebih dari 2 5 kali lipat (tepatnya 2 72 kali lipat) dibandingkan kemampuan kelompok kontrol Sedangkan untuk menemukan perbedaan capaian (gain) antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan uji-t terhadap perbedaan nilai prates dan pascates pada kedua kelompok tersebut dengan hasil t-hitung sebesar 2 87 pada t-tabel 1 676 dan taraf signifikansi 0 05. Artinya ada perbedaan signfikan antara hasil belajar mahasiswa yang menggunakan gambar seri dan hasil belajar mahasiswa yang tidak menggunakan gambar seri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57117 |
Actions (login required)
View Item |