Fajarwati, Yuni Eka (2011) Pengembangan bahan ajar ilustrasional mata pelajaran kimia kelas X pada Homeschooling dengan model Addie / Yuni Eka Fajarwati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis Jurusan Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Pd M.Ed (II) Dr. A. J. E. Toenlioe M.Pd. Kata kunci pengembangan bahan ajar ilustrasional kimia Kimia merupakan salah satu mata pelajaran dari rumpun IPA. Bagi sebagian besar siswa sekolah menengah atas kimia dianggap sebagai pelajaran yang cukup sulit. Faktor yang menyebabkan adalah 1) materi bersifat abstrak dan kompleks 2) berjenjang dan berurutan dan 3) memerlukan ketrampilan algoritma matematika. Faktor lain yang menyebabkan mata pelajaran ini sulit bagi peserta homeschooling adalah 1) terbatasnya sarana dan prasarana pendukung laboratoriun 2) kemampuan siswa yang bervariasi 3) kemandirian belajar rendah 4) kemampuan matematis yang kurang dan 5) kurangnya kemampuan dalam membaca tabel grafik ataupun bagan. Selain faktor-faktor tersebut sebagian besar guru pengajar kimia menggunakan cara konvensional dalam mengajar. Tesis ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang mempertimbangkan karakterisitik mata pelajaran dan karakter siswa. Bahan ajar ini dirancang sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga dapat meningkatkan ketertarikan siswa dan diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar. Model yang dipilih dalam mengembangkan bahan ajar ini adalah model ADDIE. Alasan memilih model ini karena model ini begitu sederhana dan sistematik. Sehingga sangat sesuai dengan karakteristik mata pelajaran kimia yang dikembangkan pada homeschooling. Alasan lain adalah model ini dapat digunkan untuk mengembangkan bahan ajar pada pembelajaran di ranah informasi verbal ketrampilan intelektual psikomotor dan sikap yang relevan dengan Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Tahapan yang dilakukan dalam pengembangan paket pembelajaran ini adalah 1) analisa pembelajaran 2) desain produk 3)pengembangan bahan ajar 4) penerapan bahan ajar dan 5) evaluasi bahan ajar. Penelian pengembangan ini menghasilkan 3(tiga) produk yaitu 1) buku ajar 2) panduan guru dan 3) panduan siswa. Proses pengembangan ini melibatkan ahli isi mata pelajaran ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran untuk memberikan tanggapan dan masukan perbaikan. Selain itu guru mata pelajaran kimia dan siswa homeschooling sebagai pengguna bahan ajar ini juga diminta untuk memberikan tanggapan dan masukan. Perbaikan produk pengembangan setelah review ahli isi ahli desain dan ahli media dengan tahap-tahap 1) uji coba perorangan oleh 3 orang siswa sebagai responden dan 2) uji coba lapangan dengan responden sebanyak 5 orang siswa dan 1 guru kimia. Hasil uji coba lapangan menunjukkan 1) buku ajar memperoleh prosentase pencapaian 84 90% dari siswa dan 75% dari guru sehingga buku ajar berada pada kualifikasi baik 2) panduan siswa memperoleh nilai 81 16% dari siswa menunjukkan kualifikasi baik dan 3) panduan guru mendapatkan penilaian 80% dari guru menunjukkan berada pada kualifikasi baik. Bahan ajar kimia kelas X semester genap dikembangkan oleh Yuni Eka Fajarwati yang dapat digunakan pada homeschooling dan siswa maupun guru sekolah formal setara SMA dengan memperhatikan saran pemanfaatan produk desiminasi dan saran pengembangan lebih lanjut
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57116 |
Actions (login required)
View Item |