Pengembangan paket pembelajaran bahasa Inggris untuk siswa kelas VIII SMPN 2 Purwoharjo / Risky Febria Rinasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran bahasa Inggris untuk siswa kelas VIII SMPN 2 Purwoharjo / Risky Febria Rinasari

Rinasari, Risky Febria (2011) Pengembangan paket pembelajaran bahasa Inggris untuk siswa kelas VIII SMPN 2 Purwoharjo / Risky Febria Rinasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. PSSJ Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof Dr.Mohammad Efendi M.Pd M.Kes (II). Dr. Anselmus J.E Toenlioe M.Pd. Kata Kunci pengembangan paket pembelajaran mata pelajaran bahasa inggris. Tujuan utama teknologi pembelajaran adalah mengidentifikasi dan memecahkan masalah belajar dan untuk pengembangan ini tujuannya adalah menghasilkan produk pembelajaran berupa paket pembelajaran yang berupa bahan ajar panduan guru dan panduan siswa untuk kelas VIII SMPN 2 Purwoharjo . Pemecahan masalah belajar tersebut penting karena terkait dengan peningkatan kualitas pembelajaran. Pengembangan paket pembelajaran merupakan salah satu upaya untuk memecahkan masalah belajar. Paket pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan kajian teknologi pembelajaran mengacu pada rancangan pembelajaran model Dick Carey Carey (2001). Prosedur pengembangan ini terdiri atas sepuluh langkah namun dalam pengembangan ini hanya dilakukan sembilan langkah yaitu (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran (2) melakukan analisis pembelajaran (3) mengidentifikasi kemampuan awal dan karakteristik siswa (4) merumuskan tujuan pembelajaran khusus (5) mengembangkan butir tes acuan patokan (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran (8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif (9) merevisi pembelajaran. Pengembangan paket pembelajaran ini diharapkan dapat mengoptimalkan proses pembelajaran dan membantu guru dalam menfasilitasi pembelajaran. Paket pembelajaran yang dikembangkan berupa mata pelajaran Bahasa Inggris panduan guru dan panduan siswa. Hasil uji coba ahli isi dan ahli desain bahan ajar panduan guru dan panduan siswa dalam kategori baik. Hasil uji coba perorangan terdapat 9 kesalahan dalam pengetikan 4 kesalahan dalam penggunaan tanda baca dan 5 hal yang seharusnya diperbaiki. Hasil uji coba kelompok kecil dan hasil uji coba lapangan bahan ajar dan panduan siswa dalam kategori baik. Hasil pre test dan post test dengan derajat kebebasan 29 dan taraf signifikansi 0 005 di dapat t observasi 19 44 lebih besar dari t tabel 2.042 maka dapat dikatakan bahwa perbedaan mean tersebut meyakinkan atau dengan kata lain bahan ajar yang digunakan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57115

Actions (login required)

View Item View Item