Pengembangan pembelajaran berbasis e-learning dengan aplikasi Moodle sejarah Eropa SMA kelas XI di SMAN 10 Malang / Syachrial Ariffiantono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran berbasis e-learning dengan aplikasi Moodle sejarah Eropa SMA kelas XI di SMAN 10 Malang / Syachrial Ariffiantono

Ariffiantono, Syachrial (2011) Pengembangan pembelajaran berbasis e-learning dengan aplikasi Moodle sejarah Eropa SMA kelas XI di SMAN 10 Malang / Syachrial Ariffiantono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Jurusan Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Mohammad Effendi. M.Pd M. Kes. (2) Dr. Waras Kamdi M.Pd. Kata kunci sejarah pengembangan e-Learning moodle sejarah eropa e-Learning merupakan inovasi penggunaan teknologi informasi untuk mendukung pembelajaran materi Sejarah Eropa untuk siswa kelas XI di SMAN 10 Malang. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah mengembangkan materi pembelajaran e-Learning pada materi Sejarah Eropa yang dapat digunakan sebagai komplemen pembelajaran dan menjadi alat bantu pelajaran untuk penyampaian materi dan tugas-tugas terstruktur siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan Learning Management System (LMS) moodle untuk mendesain dan mengatur tata laksana penyelenggaraan pembelajaran. Prosedur pengembangan pembelajaran e-Learning ini melalui 7 tahap yaitu (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) pengembangan materi (4) penulisan alat ukur keberhasilan (5) pengembangan produk awal (6) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk (7) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Produk pengembangan yang dihasilkan berbentuk (1) model web learning materi Sejarah Eropa dan (2) petunjuk pemanfaatan untuk guru dan siswa. Pengembangan pembelajaran berbasis e-Learning ini telah di uji coba materi Sejarah Eropa siswa kelas XI jurusan IPS di SMAN 10 Malang. Pada tahap uji coba dengan 3 indikator menunjukkan hasil sebagai berikut (1) hasil uji coba lapangan skala kecil mendapatkan persentase 77 7 % (2) hasil uji coba lapangan skala besar mendapatkan persentase 78 4 %. Revisi dilakukan berdasarkan data yang diperoleh dari hasil uji coba dan masukkan dari siswa. Hasil pengembangan ini telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli sumber dan media pembelajaran masing-masing mendapatkan persentase 84 71 % dan 83 56%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk media yang dikembangkan dianggap memiliki nilai validitas yang memadai yang positif dan dapat dinyatakan layak untuk digunakan oleh siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57114

Actions (login required)

View Item View Item