Pengembangan paket pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) kelas VIII MTs Puspa Bangsa Banyuwangi / Riza Faishol - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) kelas VIII MTs Puspa Bangsa Banyuwangi / Riza Faishol

Faishol, Riza (2011) Pengembangan paket pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) kelas VIII MTs Puspa Bangsa Banyuwangi / Riza Faishol. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Jurusan Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mohammad Effendi M.Pd M.Kes. (II) Dr. Waras Kamdi M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Paket Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Inti kegiatan pembelajaran adalah agar siswa belajar sehingga terjadi proses interaksi antara siswa dengan sumber-sumber belajar. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan paket pembelajaran mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi yang terdiri dari 1) bahan ajar 2) panduan guru dan 3) panduan siswa yang dapat mengoptimalkan proses pembelajaran dan memudahkan siswa mempelajari teknologi informasi dan komunikasi. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model Dick Carey dan Carey yang telah dimodifikasi berdasarkan keperluan pengembangan. Model ini mengarah pada upaya pemecahan masalah belajar dan terprogram melalui prosedur atau langkah-langkah kegiatan yang sistematis. Langkah-langkah tersebut adalah 1) mengidentifikasi kebutuhan untuk menentukan tujuan umum pembelajaran 2) melakukan analisis pembelajaran 3) mengidentifikasi karakteristik siswa 4) merumuskan tujuan pembelajaran khusus 5) mengembangkan instrumen penilaian 6) mengembangkan strategi pembelajaran 7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran 8) mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif dan 9) merevisi produk pembelajaran. Produk pengembangan berupa paket pembelajaran yang terdiri atas bahan ajar panduan guru dan panduan siswa diuji cobakan melalui evaluasi formatif yang meliputi beberapa tahap yaitu 1) review ahli isi materi 2) review ahli media pembelajaran 3) review ahli desain pembelajaran 4) uji coba perorangan 5) uji coba kelompok kecil dan 6) uji coba lapangan. Data hasil evaluasi formatif berupa saran tanggapan dan penilaian dari subjek uji coba digunakan sebagai masukan untuk merevisi dan menyempurnakan paket pembelajaran yang dihasilkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya paket pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas VIII semester 2 dengan model Dick Carey dan Carey telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan kondisi sebelumnya. Hal itu terlihat dari hasil pengujian efektivitas pembelajaran menggunakan uji t dari hasil pretest dan posttest yang diberikan kepada siswa menunjukkan nilai thitung 64 510 ttabel 2 064 sehingga dapat dikatakan bahwa paket pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas VIII di MTs Puspa Bangsa Banyuwangi tahun 2011 efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57112

Actions (login required)

View Item View Item