Pengembangan paket pembelajaran bahasa Arab bagi siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah "Darul Ulum" Kraksaan Probolinggo / Nur Khotimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran bahasa Arab bagi siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah "Darul Ulum" Kraksaan Probolinggo / Nur Khotimah

Khotimah, Nur (2011) Pengembangan paket pembelajaran bahasa Arab bagi siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah "Darul Ulum" Kraksaan Probolinggo / Nur Khotimah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M.Pd (II) Dr. H. Kusmintardjo M.Pd. Kata kunci peran kepala sekolah rintisan sekolah bertaraf internasional Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 50 ayat (3) mengamanat kan agar pemerintah dan/atau pemerintah daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan untuk dikembangkan menjadi satuan pendi dikan yang bertaraf internasional. Pada tahun 2008 Depdiknas telah menetapkan 570 SMP/SMA/ SMK menjadi sekolah RSBI. Saat ini di kota Malang terdapat beberapa sekolah yang telah ditetapkan sebagai sekolah RSBI termasuk SMAN 1 dan SMAN 10 Malang. Berdasarkan hasil studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa RSBI di SMAN 1 Malang dan SMAN 10 Malang memiliki beberapa kesamaan yakni sebagai sekolah RSBI yang pelaksanaannya melibatkan peran serta masyarakat tetapi berbeda dalam hal manajemen dan pendanaannya. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk meneliti kedua sekolah tersebut. Peran kepala sekolah sebagai manajer profesional sangat menentukan dalam pengembangan sekolah maka penelitian akan difokuskan pada peran kepala sekolah dalam pengembangan RSBI. Dalam Permen dik nas Nomor 13 Tahun 2007 dinyatakan bahwa kepala sekolah dipersyaratkan memiliki 5 kompe tensi yakni kompetensi kepribadian manajerial kewirausahaan supervisi dan sosial. Jika sekolah dipimpin oleh kepala sekolah yang memenuhi persyaratan kompetensi kepala sekolah maka dapat diharapkan bahwa sekolah tersebut dapat memenuhi standar yang ditetapkan oleh Mendiknas tahun 2009 tentang SMA bertaraf internasional. Penelitian ini bertujuan untuk memerikan dan menjelaskan (1) peran kepala sekolah dalam merumuskan dan mensosialisasikan visi dan misi RSBI (2) peran kepala sekolah dalam pengem bangan RSBI dan (3) faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi kepala sekolah dalam pengembangan RSBI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis rancangan studi multisitus (multi-site studies). Penelitian dilakukan di 2 lokasi yakni SMAN 1 Malang dan SMAN 10 Malang. Data penelitian bersumber dari kepala sekolah para wakil kepala sekolah para kepala Tata Usaha dan dokumen. Untuk menjaring data peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam angket observasi partisipan dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan selama dan setelah pengumpulan data sampai terselesaikannya laporan penelitian. Analisis data terdiri dari tiga alur kegiatan secara bersamaan yaitu reduksi penyajian dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam merumuskan dan mensosialisasikan visi dan misi RSBI kepala SMAN 1 dan SMAN 10 Malang berperan sebagai manajer dalam mengkoordinasikan kegiatan dengan membentuk tim perumus inisiator perumusan visi dan misi fasilitator pemimpin dan inspirator dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi. Dalam pengembangan RSBI kepala SMAN 1 dan SMAN 10 Malang adalah sebagai berikut (1) akreditasi sekolah kepala sekolah berperan sebagai manajer dan motivator (2) pengembangan kurikulum kepala sekolah beperan sebagai manajer leader pendidik dan inspirator (3) proses pembelajaran kepala sekolah berperan sebagai pendidik supervisor dan fasilitator (4) peningkatan mutu penilaian kepala sekolah berperan sebagai pendidik dan fasilitator (5) peningkatan mutu kompetensi lulusan kepala sekolah berperan sebagai fasilitator manajer dan administrator (6) peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan kepala sekolah berperan sebagai pendidik fasilitator motivator dan supervisor (7) pengembangan sarana dan prasarana pendidikan kepala sekolah berperan sebagai manajer dan supervisor (8) pengelolaan kepala sekolah berperan sebagai manajer pendidik dan fasilitator (9) pembiayaan kepala sekolah berperan sebagai manajer dan (10) kesiswaan kepala sekolah berperan sebagai pendidik inovator dan manajer. Faktor pendukung dan kendala yang dihadapi kepala SMAN 1 Malang dan SMAN 10 Malang dalam pengembangan RSBI meliputi (1) Faktor pendukung (a) akreditasi sekolah kuatnya komitmen dan kekompakan serta koordinasi (b) pengembangan kurikulum tingginya semangat guru adanya pendampingan konsultan ahli kurikulum (c) proses pembelajaran intensifnya kepala sekolah dalam memotivasi para guru intensifnya kegiatan peningkatan profesionalisme guru (d) penilaian pemahaman guru terhadap sistem penilaian tersedianya alat dan bahan penilaian adanya konsultan (e) peningkatan mutu kompetensi lulusan efektifnya sistem pembela jaran efektifnya program pembinaan ekstrakurikuler dan adanya program untuk mema cu siswa berpretasi (f) peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan profesionalisme guru kepemimpinan kepala sekolah yang menerapkan pola saling menghargai (g) pengembangan sarana dan prasarana tersedianya sarana dan prasarana menunjang pembelajaran adanya lembaga donor (h) penge lolaan terlaksananya manajemen berbasis sekolah tingginya kualitas input (i) pembiayaan adanya sistem perencanaan anggaran yang baik adanya dana tambahan (j) kesiswaan adanya program pengembang an kerja sama dengan berbagai pihak mapannya sistem penerimaan siswa baru dan input siswa yang bagus. (2) Kendala yang dihadapi (a) akreditasi sekolah terbatasnya waktu kurang tertibnya sistem administrasi (b) pengembangan kurikulum guru masih minim pemahamannya tentang kurikulum baru (c) proses pembelajaran rendahnya kemampuan bahasa Inggris para guru dan siswa (d) penilaian banyak menyita waktu para guru kurangnya kemampuan siswa berbahasa Inggris (e) kompetensi lulusan belum terealisasinya program pembinaan untuk mengikuti ujian (f) peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan kemam puan SDM guru mulai dari nol sehingga merasa berat dalam menghadapi RSBI (g) pengem bang an sarana dan prasarana minimnya bantuan/subsidi pendanaan dari pemerintah (h) pengelolaan belum terciptanya budaya layanan prima berstandar internasional (i) pembiayaan keterbatasan anggaran sistem administrasi keuangan yang rumit (j) kesiswaan belum bisa memberikan prioritas dalam penerimaan siswa baru bagi warga tinggal di sekitar sekolah. Berdasarkan temuan penelitian tersebut di atas dikemukakan beberapa saran sebagai berikut. (1) Faktor pendukung dan kendala yang ada di sekolah hendaknya dijadikan pijakan bagi kepala sekolah dalam pengembangan RSBI. (2) Untuk menjamin keberhasilan RSBI guru perlu terus-menerus meningkatkan profesionalismenya melalui training workshop seminar penataran dan melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi. (3) Komite Sekolah diharapkan dapat berperan dalam hal pendanaan maupun mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak sehingga pengembangan RSBI dapat berjalan dengan lancar. (4) Dinas Pendidikan Kota Malang sebagai pengambil kebijakan yang dapat mendukung pengembangan RSBI misalnya kebijakan dalam hal peningkatan profesionalisme guru pengembangan sarana prasarana dan pendanaan. (5) Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur diharapkan dapat mendukung pengembangan RSBI dalam bentuk pemberian dana blockgrant sarana dan prasarana peningkatan SDM kebijakan dalam pengembangan RSBI sehingga tujuan pendidikan dapat berhasil dengan baik. (6) Peneliti-peneliti lain dapat memanfaatkan hasil penelitian ini untuk melakukan kajian lebih lanjut tentang RSBI misalnya pengembangan RSBI di sekolah dasar sekolah menengah dan sekolah kejuruan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57110

Actions (login required)

View Item View Item