Pengembangan paket pembelajaran mata pelajaran fisika dengan model Dick Carey dan Carey untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar / Afkaryadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran mata pelajaran fisika dengan model Dick Carey dan Carey untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar / Afkaryadi

Afkaryadi (2011) Pengembangan paket pembelajaran mata pelajaran fisika dengan model Dick Carey dan Carey untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar / Afkaryadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis PPSJ Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M. Pd. (2) Dr. Waras Kamdi M. Pd. Kata Kunci Pengembangan Paket Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika Model Dick Carey dan Carey SMA Negeri 1 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar Mata pelajaran fisika merupakan salah satu matapelajaran wajib di SMA. Proses pembelajaran mata pelajaran fisika di SMA Negri 1 Ingin Jaya masih mengalamai masalah yaitu belum dikembangkannya paket pembelajaran fisika yang memperhatikan karakteristik siswa. Untuk itu perlu dikembangkan paket pembelajaran mata pelajaran fisika yang dapat memudahkan belajar siswa SMA Negeri 1 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Paket Pembelajaran fisika ini dikembangkan dengan model Dick Carey dan Carey (2001). Prosedur pengembangan model ini terdiri atas sepuluh langkah namun dalam pengembangan paket pembelajaran ini hanya dilakukan sembilan langkah yaitu (1) mengidentifikasi standar kompetensi dan kompetensi dasar (2) melakukan analisis pembelajaran (3) menganalisis siswa dan konteks (4) merumuskan indikator (5) mengembangkan instrumen penilaian (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran (8) merancang dan melaksanakan penilaian formatif (9) merevisi paket pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa ahli isi mata pelajaran memberikan penilaian rata-rata 78 81% untuk bahan ajar ahli desain pembelajaran memberikan 78 28% sedangkan ahli media pembelajaran memberikan 76 65%. Artinya bahwa paket pembelajaran fisika berada pada level baik. Sementara itu hasil ujicoba perorangan memberikan masukan dan saran untuk memperbaiki kualitas produk. Berdasarkan ujicoba kelompok kecil menunjukan bahwa bahan ajar dikategorikan baik sekali atau 89 50% sedangkan panduan siswa 92 40 %. Hasil tanggapan guru mata pelajaran menunjukan kualitas sangat baik untuk bahan ajar 94 29% dan panduan guru 93 33%. Hasil ujicoba lapangan menunjukan bahwa rerata bahan ajar 90 34% dan panduan siswa 89 06%. Dengan demikian menunjukan bahan ajar fisika dengan model Dick Carey dan Carey efektif. Keunggulan paket bahan ajar antara lain (1) dirancang berdasarkan profesional (2) dirancang secara sistematik bagi guru dan siswa (3) uraian materinya secara sitematis (4) meningkatkan motivasi belajar siswa (5) memprioritaskan karakteristik kebutuhan siswa (6) merangsang siswa untuk berlatih (7) ditulis dengan bahasa komunikatif (8) memberikan refleksi. Kelemahan paket bahan ajar ini adalah materi hanya dirancang untuk siswa SMA Negeri 1 Ingin Jaya. Apabila digunakan di sekolah lain maka perlu direvisi dan disesuaikan dengan karakteristik siswa setempat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57108

Actions (login required)

View Item View Item