Pengembangan paket pembelajaran mata kuliah pengembangan media fotografi untuk Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya / Chrisma Rachmadya P. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran mata kuliah pengembangan media fotografi untuk Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya / Chrisma Rachmadya P.

Rachmadya P., Chrisma (2011) Pengembangan paket pembelajaran mata kuliah pengembangan media fotografi untuk Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya / Chrisma Rachmadya P. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Jurusan Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sulton M.Pd. (II) Dr. Waras Kamdi M.Pd. Kata kunci pengembangan paket pembelajaran Media Fotografi Mata kuliah Pengembangan Media fotografi adalah mata kuliah yang termasuk dalam kelompok Mata Kuliah Keahlian Berkarya di Jurusan Teknologi Pendidikan FIP UNESA. Mata kuliah ini biasanya diprogramkan pada semester IV dengan bobot Satuan Kredit Semester (SKS) dan Jam Semester (JS) adalah 4. Berdasarkan pengalaman peneliti selama 4 tahun menjadi mahasiswa S-1 di Jurusan Teknologi Pendidikan FIP UNESA ditemukan beberapa permasalahan. Permasalahan tersebut diantaranya adalah tidak adanya bahan ajar yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran jam semester yang diberikan terlalu singkat sedangkan teori dan praktek yang dirasa membutuhkan waktu yang tidak sedikit serta buku-buku penunjang perkuliahan atau sumber bacaan kurang relevan. Mahasiswa lebih banyak mencatat materi fotografi yang disampaikan oleh dosen pengasuhnya. Tujuan Pengembangan paket pembelajaran ini adalah menghasilkan paket pembelajaran mata kuliah pengembangan media fotografi berupa bahan ajar panduan dosen dan panduan mahasiswa yang diharapkan dapat membantu mahasiswa mendapatkan pengetahuan mengenai fakta konsep dan prosedur pemotretan yang benar. Selain itu paket pembelajaran yang dihasilkan diharapkan dapat mengatasi minimnya bahan ajar yang tersedia di Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNESA sekaligus dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa sebagai satu-satunya sumber belajar untuk mata kuliah pengembangan media fotografi. Model yang digunakan untuk mengembangkan pembelajaran mata kuliah Pengembangan Media Fotografi ini adalah Model Dick Carey Carey (2001). Model ini terdiri dari sembilan langkah yaitu (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran (2) melakukan analisis pembelajaran (3) mengidentifikasi perilaku awal dan karakteristik pebelajar (4) menulis tujuan pembelajaran khusus (5) mengembangkan butir-butir tes acuan patokan (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan atau memilih materi pembelajaran (8) mendesain dan melakukan evaluasi formatif dan (9) merevisi pembelajaran. Produk pengembangan berupa paket pembelajaran selanjutnya mengalami beberapa tahapan uji coba untuk mendapatkan data-data sebagai bahan penyempurnaan produk pengembangan. Tahapan-tahapan uji coba yang dilakukan adalah (1) uji ahli isi mata kuliah uji ahli desain pembelajaran (2) uji coba perorangan (3) uji coba kelompok kecil dan (4) uji coba lapangan. Bahan ajar a yang dihasilkan dalam pengembangan ini memiliki komponen-komponen (1) judul bab dan konsep-konsep kunci (2) petunjuk (3) kerangka isi (4) pendahuluan bab (5) tujuan pembelajaran umum (6) tujuan pembelajaran khusus (7) materi (8) rangkuman (9) tes akhir bab (10) balikan dan (11) sumber pendukung / daftar pustaka. Komponen-komponen yang dimasukkan dalam panduan mahasiswa adalah identitas mata kuliah tujuan panduan mahasiswa karakteristik mata kuliah petunjuk umum tujuan kegiatan belajar mengajar tugas dan evaluasi belajar dan daftar pustaka. Komponen-komponen panduan dosen meliputi identitas mata kuliah tujuan panduan dosen karakteristik mata kuliah tujuan pembelajaran umum tujuan pembelajaran khusus karakteristik pebelajar alokasi waktu pembelajaran kegiatan belajar mengajar tugas dan evaluasi belajar dan daftar pustaka. Keterbatasan yang dimiliki oleh paket pembelajaran adalah (1) paket pembelajaran ini hanya diperuntukkan bagi mahasiswa jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP di Universitas Negeri Surabaya (2) paket pembelajaran ini dirancang untuk delapan kali pertemuan atau setengah semester sedangkan materi yang dikembangkan terbatas hanya pada materi dasar-dasdar fotografi saja. (3) proses pengembangannya hanya sampai pada tahapan evaluasi formatif saja (4) model pengembangan yang digunakan untuk paket pembelajaran ini adalah model Dick Carey and Carey (2001). Setelah melalui serangkaian uji coba menunjukkan bahwa paket pembelajaran yang dikembangkan ini layak untuk digunakan dalam mata kuliah Pengembangan Media Fotografi. Hal ini diperkuat hasil penilaian angket untuk tiap komponen paket pembelajaran semuanya di atas kriteria yang telah ditetapkan yaitu sebesar 71% dan layak untuk digunakan. Selain itu dilihat dari perolehan hasil belajar sebelum menggunakan paket pembelajaran memperoleh skor rata-rata 47 08 dan sesudah menggunakan paket pembelajaran memperoleh skor rata-rata 83 31 ada kenaikan perolehan skor sebesar 36 73. Dengan demikian produk paket pembelajaran yang dihasilkan telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57107

Actions (login required)

View Item View Item