Pengembangan multimedia interaktif mata kuliah produksi media video pembelajaran Program Studi S1 Teknologi Pendidikan Unesa / Alim Sumarno - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif mata kuliah produksi media video pembelajaran Program Studi S1 Teknologi Pendidikan Unesa / Alim Sumarno

Sumarno, Alim (2011) Pengembangan multimedia interaktif mata kuliah produksi media video pembelajaran Program Studi S1 Teknologi Pendidikan Unesa / Alim Sumarno. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I. Nyoman Sudana Degeng M.Pd (2) Dr. Sulthon M.Pd Kata kunci Pengembangan Multimedia Interkatif Produksi Media Video. Tujuan utama teknologi pembelajaran adalah mengidentifikasi dan memecahkan masalah belajar. Pemecahan masalah belajar tersebut amat penting karena terkait dengan peningkatan kualitas pembelajaran. Dengan adanya proses pembelajaran yang berkualitas akan melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu sumbangan nyata yang dapat ditunjukkan bidang Teknologi Pembelajaran adalah penyediaan sumber-sumber belajar melalui kegiatan pengembangan (development). Sementara itu berdasarkan hasil pengamatan di lapangan pembelajaran Matakuliah Pengembangan Media Video/TV pada Program Studi S1 Tenologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Surabaya belum tersedia bahan pembelajaran yang dirancang khusus (by design) untuk pembelajaran. Bahan pembelajaran yang digunakan masih terbatas pada media cetak berupa buku teks serta program video umum (by utilization). Oleh karena itu dirasakan perlu untuk mendesain dan mengembangkan bahan belajar salah satu diantaranya dalam bentuk multimedia interaktif pembelajaran Multimedia pembelajaran ini dikembangkan dengan memuat komponen-komponen bahan belajar berdasarkan kajian teknologi pembelajaran dengan harapan dapat mengoptimalkan proses pembelajaran dan memfasilitasi mahasiswa dalam belajar karena dengan menggunakan bahan belajar yang dikembangkan ini memungkinkan mahasiswa untuk dapat belajar secara aktif dan mandiri. Dalam mengembangkan rancangan pembelajaran maka diperlukan suatu model pengembangan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik isi yang dikembangkan. Model pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata kuliah pengembangan video menggunakan model Kemp dan Dayton di mana langkah-langkah dalam pengembangan media pembelajaran harus melalui 9 langkah yaitu menentukan (1) ide atau tujuan umum pembelajaran (2) tujuan khusus pembelajaran (3) karakteristik audiens (4) isi materi (content outline) (5) treatment (6) storyboard (7) naskah (script) (8) developing editing and mixing dan (9) testing and revising. Model ini tersusun secara urut dan sistematis sehingga mudah untuk diikuti dalam pengembangan media pembelajaran. Berdasarkan tinjauan ahli dan uji lapangan terhadap produk media video pembelajaran ini dapat disimpulkan (1)Program ini layak dipakai sebagai salah satu bagian dari strategi untuk mencapai tujuan-tujuan pembelajaran pada Matakuliah Pengembangan Media Video/TV (2) Pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif sebagai salah satu bagian dari strategi penyampaian isi pembelajaran memiliki daya tarik bagi mahasiswa untuk belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57106

Actions (login required)

View Item View Item