Pengembangan paket pembelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV SDN 2 Sukamulia Lombok Timur / Dina Apriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV SDN 2 Sukamulia Lombok Timur / Dina Apriana

Apriana, Dina (2011) Pengembangan paket pembelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV SDN 2 Sukamulia Lombok Timur / Dina Apriana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Malang. Pembimbing (I) Dr. Sulton M.Pd. (II) Dr. Anselmus JE. Toenlioe M.Pd. Kata kunci Pengembangan Paket Pembelajaran Pelajaran IPS SD Model Dick Carey Kegiatan paling awal dari pembelajaran adalah menarik perhatian siswa agar proses pembelajaran berikutnya dapat berjalan dengan baik. Perhatian siswa dapat ditingkatkan dengan memberikan rangsangan-rangsangan untuk kebutuhan pembelajaran siswa. Salah satunya dapat dilakukan dengan menyajikan bahan informasi verbal yaitu bahan ajar. Bahan ajar dikenal sebagai alat pembelajaran yang paling banyak digunakan sebagai sarana pembelajaran. Bahan ajar dirancang guna menyajikan prinsip-prinsip atau aspek-aspek dasar yang terdapat dalam bahan pembelajaran. Di SDN 2 Sukamulia bahan ajar menjadi media yang paling dominan digunakan dalam proses pembelajaran sehingga referensi untuk menambah informasi terkait materi pelajaran masih sangat kurang. Permasalahan lain juga muncul dalam pemanfaatan bahan ajar bahan ajar yang digunakan belum memenuhi tingkat kelayakan berdasarkan teori model kebutuhan siswa dan peningkatan motivasi belajar siswa. Oleh sebab itu pengembang bermaksud untuk mengembangkan produk paket pembelajaran IPS kelas IV SD dalam membantu mengatasi masalah yang ada di SDN 2 Sukamulia terkait dengan bahan ajar. Upaya ini bertujuan untuk menciptakan kondisi yang baik sehingga siswa dapat berkembang secara optimal dan proses perkembangan siswa tersebut dapat berlangsung secara efektif. Hal ini didukung dengan hakekat teknologi pembelajaran dalam pemecahan masalah harus berpusat pada subjek didik atau siapa saja yang belajar.Teknologi pembelajaran mengutamakan orang yang belajar maksudnya dalam mengambil kebijakan memecahkan masalah pembelajaran harus berpusat pada kebutuhan siswa atau siapa saja yang belajar. Salah satu upaya pemecahan masalah pembelajaran tersebut sangat didukung berbagai sumber belajar baik yang dirancang dipilih dan dimanfaatkan dalam belajar. Sehubungan dengan permasalahan tersebut di atas pengembang menganggap penting untuk menata kembali isi bahan ajar IPS kelas IV SD dengan cara mendesain mengujicobakan dan memproduksinya dalam bentuk paket pembelajaran yang lebih sempurna. Produk tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai sumber belajar dan dapat meningkatkan motivasi belajar IPS bagi siswa. Pengorganisasian materi bahan ajar IPS menggunakan pendekatan inkuiri yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan pemahaman dan kemampuan analisis siswa terhadap kondisi sosial yang terjadi di masyarakat. Bagi bangsa Indonesia keberadaan IPS sebagai mata pelajaran di sekolah sudah tidak terbantahkan kelahirannya karena adanya kebutuhan masyarakat yang tengah berkembang menuju masyarakat maju yang beradab adil makmur dan sejahtera. Arah perkembangan IPS ini sejalan dengan cita-cita dan tujuan nasional bangsa Indonesia. Pengembangan paket pembelajaran IPS SD ini diperkuat dengan adanya penelitian sebelumnya tentang Profil Buku Teks IPS dan Desain Pesan Buku Teks IPS SD Kelas III IV dan V yang menyatakan bahwa buku teks IPS di SD belum memenuhi tingkat kelayakan yang sesuai dengan teori dan model penyusunan bahan ajar. Dari berbagai model pengembangan yang ada pengembang menggunakan model Dick Carey. Model ini digunakan dengan alasan bahwa model Dick Carey menggunakan langkah yang sistematis dan lengkap sehingga dapat digunakan untuk merancang mengujicobakan dan memproduksi paket pembelajaran yang layak. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari penghitungan persentase hasil uji coba yang telah dilaksanakan bahwa produk pengembangan dikualifikaskan dalam kategori baik namun masih perlu direvisi. Sedangkan penghitungan dengan menggunakan analisis uji t berpasangan diperoleh hasil t hitung t tabel maka H 945 diterima dan Ho ditolak. Jadi kesimpulannya ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar setelah siswa menggunakan bahan ajar. Selain itu berdasarkan kriteria ketuntasan data hasil tes formatif menunjukkan bahwa siswa baik secara individu maupun secara klasikal telah tuntas dalam pembelajaran. Hasil tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran diketahui bahwa sampel memberikan respon positif dengan rerata persentase bahan ajar sebesar 89 5% terhadap proses pembelajaran sehingga dapat dikategorikan efektif. Kesimpulan dari hasil ujicoba lapangan yang dilakukan setelah melalui uji ahli uji perorangan dan uji kelompok kecil dapat dinyatakan bahwa paket pembelajaran telah dapat memenuhi kebutuhan siswa walaupun terdapat beberapa hal yang perlu direvisi. Diharapkan dengan paket pembelajaran IPS kelas IV SD dapat memecahkan masalah yang terkait dengan pengembangan paket pembelajaran yang layak dengan teori dan model pembelajaran sehingga menghasilkan sumber belajar yang sesuai dengan karakteristik siswa memudahkan belajar siswa dan mampu menciptakan kondisi belajar yang dapat meningkatkan motivasi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57104

Actions (login required)

View Item View Item