Nasir, Muhammad (2011) Pengembangan paket pembelajaran fisika kelas X semester 2 untuk SMA Negeri 1 Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar / Muhammad Nasir. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis. Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Ed M.Pd. (II) Dr. Anselmus J.E Toenlioe M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Paket Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika Model Dick Carey Carey. Pada tingkat SMA mata pelajaran fisika dipandang penting untuk diajarkan sebagai mata pelajaran tersendiri. Selain memberikan bekal ilmu kepada siswa mata pelajaran fisika dimaksudkan sebagai wahana untuk menumbuhkan kemampuan berpikir yang berguna untuk memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari. Pada kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar mata pelajaran fisika merupakan salah satu mata pelajaran bidang studi dan wajib diikuti oleh seluruh siswa. Berdasarkan pengamatan di lapangan menunjukkan bahwa siswa di SMA Negeri 1 Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar sulit memahami isi materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Pembelajaran yang dilakukan lebih bersifat teoritis dan sangat kurang didukung dengan kegiatan praktikum jumlah bahan ajar masih sangat terbatas dan tidak sesuai dengan karakteristik siswa sehingga terhambat pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Tujuan pengembangan paket pembelajaran fisika adalah menghasilkan satu paket pembelajaran fisika kelas X semester 2 untuk SMA Negeri 1 Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar yang berupa bahan ajar panduan guru panduan siswa dan lembar kerja siswa dimana materi-materi pembelajarannya diharapkan mampu memotivasi siswa untuk belajar dan mempermudah guru dalam mengajarkan mata pelajaran fisika yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model yang digunakan dalam pengembangan paket pembelajaran fisika adalah model Dick Carey Carey. Model Dick Carey Carey adalah suatu model desain pembelajaran yang dikembangkan oleh Walter Dick Lou Carey James O Carey (2001). Pemilihan model Dick Carey Carey dalam pengembangan paket pembelajaran fisika didasarkan pada beberapa alasan yaitu (1) materi mata pelajaran fisika bersifat berjenjang dan berurutan (2) paket pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan karakteristik dan kebutuhan siswa (3) model Dick Carey Carey dapat digunakan untuk pengembangan bahan pembelajaran pada ranah informasi verbal ketrampilan intelektual psikomotor dan sikap sehingga dipandang sangat relevan dengan mata pelajaran fisika. Dalam pengembangannya paket pembelajaran fisika telah diujicobakan melalui evaluasi formatif yang meliputi beberapa tahap yaitu review ahli isi atau materi review ahli desain pembelajaran review ahli media pembelajaran uji coba perorangan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Dari hasil evaluasi formatif yang berupa saran tanggapan atau penilaian digunakan sebagai masukan dalam merevisi dan penyempurnaan paket pembelajaran yang dihasilkan. Hasil review dari ahli isi atau materi terhadap bahan ajar fisika panduan guru panduan siswa dan lembar kerja siswa menunjukkan kategori baik dengan masing-masing persentase 83% 78% 77% dan 82%. Hasil review dari ahli desain pembelajaran terhadap bahan ajar fisika panduan guru panduan siswa dan lembar kerja siswa juga menunjukkan kategori baik dengan masing-masing persentase 84% 80% 80% dan 85%. Sedangkan hasil review dari ahli media pembelajaran terhadap bahan ajar fisika panduan guru panduan siswa dan lembar kerja siswa menunjukkan kategori sangat baik dengan masing-masing persentase 93% 96% 94% dan 96%. Hasil penilaian atau tanggapan siswa pada uji coba perorangan terhadap bahan ajar fisika panduan siswa dan lembar kerja siswa menunjukkan kategori baik dengan masing-masing persentase 83% 80% dan 83%. Hasil penilaian atau tanggapan siswa pada uji coba kelompok kecil terhadap bahan ajar fisika panduan siswa dan lembar kerja siswa menunjukkan kategori baik dengan masing-masing persentase 84% 81% dan 84%. Hasil penilaian atau tanggapan siswa pada uji coba lapangan siswa terhadap bahan ajar fisika panduan siswa dan lembar kerja siswa juga menunjukkan kategori baik dengan masing-masing persentase 85% 82% dan 85%. Sedangkan hasil penilaian atau tanggapan guru pada uji coba lapangan guru terhadap bahan ajar fisika panduan guru dan lembar kerja siswa menunjukkan kategori baik dengan masing-masing persentase 85% 83% dan 87%. Dalam uji efektifitas penggunaan paket pembelajaran fisika di kelas berdasarkan hasil pretes dan postes menggunakan perhitungan statistik deskriptif program SPSS 17 dengan uji t didapatkan nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan paket pembelajaran fisika adalah 36 83 dan nilai rata-rata siswa setelah menggunakan paket pembelajaran fisika adalah 76 17. Dengan melihat nilai rata-rata postes yang lebih besar dari nilai rata-rata pretes maka dapat diketahui bahwa terbukti paket pembelajaran fisika secara signifikan efektif dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Saran pemanfaatan terhadap produk pengembangan yaitu dalam pemanfaatan produk hendaknya didukung oleh sumber-sumber belajar lain yang relevan dengan materi pelajaran fisika dan produk akan lebih baik bila pembelajaran yang dilaksanakan di kelas sesuai dengan urutan langkah-langkah yang disajikan pada bahan ajar dalam pembelajarannya mengikuti sesuai dengan panduan masing-masing serta setiap selesai mempelajari materi pokok bahasan atau sub pokok bahasan dalam bahan ajar sebaiknya guru mengarahkan siswa untuk melakukan praktikum sesuai dengan petunjuk pada lembar kerja siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Aug 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57103 |
Actions (login required)
View Item |