Pengembangan paket bahan ajar bahasa Inggris dengan pendekatan kontekstual model Dick, Carey, dan Carey untuk siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 2 Bolo Kabupaten Bima / Mulyadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket bahan ajar bahasa Inggris dengan pendekatan kontekstual model Dick, Carey, dan Carey untuk siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 2 Bolo Kabupaten Bima / Mulyadi

Mulyadi (2011) Pengembangan paket bahan ajar bahasa Inggris dengan pendekatan kontekstual model Dick, Carey, dan Carey untuk siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 2 Bolo Kabupaten Bima / Mulyadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M. Pd. (2) Dr. Sulthon M. Pd. Kata Kunci Pengembangan Pendekatan Kontekstual Model Dick Carey dan Carey Paket Bahan Ajar Bahasa Inggris sebagai bahasa pertama di Indonesia yang diajarkan di SMP sebagai matapelajaran wajib berdasarkan Standar Isi Tahun 2006 yang memiliki empat keterampilan dasar yaitu Mendengarkan Berbicara Membaca dan Menulis. Berdasarkan beberapa masalah yang ada di SMP Negeri2 Bolo penulis mengembangkan paket bahan ajar Bahasa Inggris dengan menggunakan pendekatan kontektual untuk menanggulangi permasalahan yang dihadapi oleh pebelajar. Pengembangan model Dick Carey dan Carey (2001) menjadi acuan dalam mengembangkan paket bahan ajar ini. Prosedur pengembangan model ini terdiri atas sepuluh langkah namun dalam pengembangan paket bahan ajar ini hanya dilakukan sembilan langkah. Hasil penelitian menunjukan bahwa baik ahli isi maupun ahli media memberikan penilaian rata-rata 86% untuk paket bahan ajar sedangkan ahli desain pembelajaran memberikan 76 5% Artinya bahwa paket bahan ajar berada antar level baik dan sangat baik. Sementara itu hasil ujicoba perorangan memberikan masukan dan saran untuk memperbaiki kualitas produk. Berdasarkan ujicoba kelompok kecil menunjukan bahwa bahan ajar dikategorikan sangat baik atau sekitar 91% begitu juga dengan panduan siswa sekitar 92%. Hasil tanggapan guru mata pelajaran menunjukan kualitas sangat baik untuk bahan ajar dan panduan guru atau antara 90%-92%. Hasil ujicoba lapangan menunjukan bahwa rerata bahan ajar 91% dan panduan siswa 90%. Dengan rerata 26.4 menunjukan paket bahan ajar dengan pendekatan kontekstual melalui model Dick Carey dan Carey mampu meningkatkan hasil belajar sebesar 26 4 dibanding dengan kondisi sebelumnya. Keunggulan paket bahan ajar antara lain (1) didesain secara profesional (2) dirancang sescara sistematik bagi guru dan siswa (3) meningkatkan motivasi belajar siswa (4) memprioritaskan kebutuhan siswa (5) didesain secara flexibel (6) merangsang siswa untuk melatih penggunaan Bahasa Inggris (7) ditulis dengan bahasa komunikatif dan materi-materi lokal (8) memberikan umpan balik. Kelemahan paket bahan ajar ini adalah materi hanya dirancang untuk siswa SMP Negeri 2 Bolo. Apabila digunakan di sekolah lain maka perlu direvisi dan disesuaikan dengan karakteristik siswa setempat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57099

Actions (login required)

View Item View Item