Haris, Andi (2011) Pengembangan bahan ajar sejarah ilmu ekonomi menggunakan teori elaborasi di UNiversitas Samawa (Unsa) Sumbawa Besar NTB / Andi Haris. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis. Jurusan Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Punadji Setyosari M.Pd M.Ed. (II) Dr. Waras Kamdi M.Pd. Keywords pengembangan bahan ajar teori elaborasi. Pengembangan bahan ajar merupakan suatu proses yang sistematis dalam mengidentifikasi mengembangkan dan mengevaluasi isi dan strategi pembelajaran yang diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efesien. Penelitian ini dilaksanakan untuk meneliti tingkat keefektifan pembelajaran tingkat efesiensi pembelajaran dan tingkat daya tarik pembelajaran. Dengan berpijak pada analogi tentang zoom-lens dan prinsip-prinsip yang mendasari maka langkah pengorganisasian pembelajaran dengan menggunakan model elaborasi adalah (1) penyajian kerangka isi (2) elaborasi tahap pertama (3) pemberian rangkuman dan pensintesis eksternal (4) elaborasi tahap kedua (5) pemberian rangkuman dan pensintesis eksternal (6) setelah semua elaborasi tahap kedua disajikan disentesiskan dan diintegrasikan kedalam kerangka isi pola ini akan berulang kembali untuk elaborasi tahap ketiga dan seterusnya dan (7) pada tahap akhir pembelajaran disajikan kembali kerangka isi untuk mensintesis keseluruhan isi bidang studi yang telah diajarkan. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan seperangkat desain bahan ajar pembelajaran dengan teori elaborasi (2) bahan ajar lebih memperhatikan struktur isi materi yang lebih bermakna (3) memudahkan dan mengoptimalkan pebelajar dalam proses belajar dan pembelajaran (4) mampu meningkatkan prestasi belajar dan retensi (ingatan) pebelajar dan menjadikan belajar mereka lebih efesien. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan jenis data kualitatif dan jenis data kuantitatif untuk menjawab tingkat keefektifan pembelajaran efesiensi pembelajaran dan daya tarik pembelajaran. Teknik analisis kualitatif digunakan untuk menganalisis data berupa angket tanggapan/penilaian berupa saran dan komentar dari (1) hasil para ahli yakni ahli isi bidang studi ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran (2) hasil dari uji coba perorangan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan (3) hasil tanggapan dosen matakuliah Sejarah Ilmu Ekonomi dengan menggunakan rumus persentase. Sedangkan teknik analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data hasil tes awal dan tes akhir dari pebelajar semester II Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Samawa dengan menggunakan rumus uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum penyajian data uji coba dan analisa data tentang produk bahan ajar Sejarah Ilmu Ekonomi pada tahap uji coba perorangan adalah diperoleh data kualitatif yang dihimpun melalui angket dengan persentase 77%. Kemudian dari hasil uji coba kelompok kecil diperoleh data kualitatif yang dihimpun melalui angket dengan persentase 82 6%. Penilaian pebelajar pada uji coba lapangan secara keseluruhan urutan komponen lebih meningkatkan hasil yakni 83 4%. Begitu juga pada hasil tes awal dan hasil tes akhir memberikan hasil yang sangat berbeda yakni signifikan dk N 1 30 1 29. Nilai kritis untuk t dalam dk 29 pada level konfiden (atau 945 ) 0 05 2 045 dan 0 01 2 756. Hasil t sebesar -9 1350 2 045 atau -9 1350 2 756 sehingga signifikan baik pada a 0 05 dan a 0 01 (uji dua sisi). Sehingga dalam interpretasi tes awal sebelum mengikuti pembelajaran amat berbeda dengan tes akhir setelah pembelajaran pada matakuliah Sejarah Ilmu
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57098 |
Actions (login required)
View Item |