Pengembangan paket pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas IV sekolah dasar dengan model Dick & Carey (studi pengembangan pada beberapa SD Negeri di Rogojampi) / Dadang Hendra Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas IV sekolah dasar dengan model Dick & Carey (studi pengembangan pada beberapa SD Negeri di Rogojampi) / Dadang Hendra Kusuma

Kusuma, Dadang Hendra (2011) Pengembangan paket pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas IV sekolah dasar dengan model Dick & Carey (studi pengembangan pada beberapa SD Negeri di Rogojampi) / Dadang Hendra Kusuma. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Jurusan Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Muhammad Efendi M.Pd M.Kes. (2) Dr. Waras Kamdi M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Paket Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Model Dick Carey Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan sumber belajar dalam Pendidikan Agama Islam perlu dirancang dan dikembangkan suatu paket pembelajaran yang terdiri atas bahan ajar panduan guru dan panduan siswa. Tujuan pengembangan paket pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah untuk menghasilkan paket pembelajaran yang memfasilitasi pembelajaran dari aspek kognitif aspek afektif serta aspek psikomotorik dalam rangka meningkatkan kualitas proses serta motivasi dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Model yang digunakan dalam mengembangkan paket pembelajaran ini adalah model Dick Carey. Model ini terdiri dari 10 langkah namun dalam pengembangan ini hanya dilakukan sampai 9 langkah karena keterbatasan waktu dan biaya. Dari serangkaian uji coba dapat diketahui kelebihan dan keterbatasan paket pembelajaran yang telah dikembangkan yaitu 1) Bahan ajar yang dirancang dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa kelas IV SD di rogojampi 2) Didesain dengan model pengembangan yang sudah terbukti secara empirik 3) Desain paket pembelajaran disertai dengan gambar ilustrasi lay out warna dan tampilan teks dengan tujuan untuk menarik perhatian siswa dan membangkitkan motivasi belajar siswa 4) Didesain dengan menggunakan bahasa yang cukup sederhana agar mudah dipahami oleh siswa. Hal ini sudah terbukti dalam uji coba lapangan 5) Panduan guru didesain dengan menggunakan strategi CTL. Dimana dalam strategi ini siswa diajak untuk beraktivitas dalam mengembangkan kemampuan sosialnya sehingga siswa tidak hanya mencatat dan menonton saja akan tetapi melakukan sendiri kegiatan pembelajaran dan 6) Buku panduan yang dihasilkan diharapkan dapat memberikan manfaat kepada siswa dan guru. Sedangkan keterbatasan paket pembelajaran ini yaitu 1) Produk pengembangan didesain dan dikembangkan berdasarkan hasil analisis kebutuhan dan karakteristik siswa SD yang ada di Rogojampi sehingga penggunaannya terbatas untuk siswa SD yang ada di Rogojampi 2) Model yang digunakan untuk mengembangkan paket pembelajaran ini adalah Dick Carey (2001) yang bersifat sistematis dan linear sehingga model ini kurang fleksibel dan kurang memahami kompleksitas yang terjadi dalam merancang pembelajaran (Ankubulut 2006) 3) Pengembangan paket pembelajaran ini dilakukan hanya sampai pada tahap evaluasi formatif dan 4) Dalam bahan ajar soal latihan masih belum mencerminkan pertanyaan tentang penilaian yang mencerminkan perubahan sikap pada siswa karena soal latihan masih bersifat kognitif saja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57097

Actions (login required)

View Item View Item