Syarifah (2011) Pengembangan bahan ajar mata kuliah belajar dan pembelajaran bagi mahasiswa pendidikan kepelatihan olahraga dengan menerapkan teori elaborasi / Syarifah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sulton M.Pd. (II) Dr. Waras Kamdi M.Pd. Kata kunci pengembangan bahan ajar Elaborasi Belajar dan Pembelajaran Pengembangan ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang ditemukan ketika pengembang melaksanakan studi pendahuluan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga di IKIP PGRI Kalimantan Timur. Dalam studi pendahuluan tersebut pengembang melakukan analisis terhadap hasil evaluasi belajar mereka dan ternyata ditemukan nilai-nilai yang memprihatinkan khususnya pada mata kuliah Belajar dan Pembelajaran. Di samping itu pengembang juga menyebarkan angket tanggapan bagi mahasiswa tersebut dan ditemukan beberapa harapan mereka dalam belajar. Harapan tersebut yaitu tersedianya bahan ajar yang dapat membantu pemahaman dengan keterkaitan antara satu materi dengan materi yang lain dan pengorganisasian materi yang lebih baik. Masalah pengorganisasian materi dan keterkaitan materi dipecahkan dengan pengembangan bahan ajar yang menerapkan teori elaborasi. Indikator penerapan pengorganisasian mencakup 4S yaitu selection sequencing synthesizing dan summarizing. Pengembangan ini menghasilkan produk berupa bahan ajar mata kuliah Belajar dan Pembelajaran yang dilengkapi dengan panduan mahasiswa dan panduan dosen. Isi pembelajaran dalam bahan ajar ini diorganisasi dengan menerapkan teori elaborasi. Pemilihan strategi pengorganisasian elaborasi disesuaikan dengan analisis struktur orientasi mata kuliah Belajar dan Pembelajaran yang tergolong konseptual. Beberapa penelitian sebelumnya telah menyebutkan bahwa pengorganisasian isi pembelajaran dengan menerapkan teori elaborasi lebih mampu memudahkan pebelajar untuk belajar materi-materi konsep dan prinsip sehingga dengan dilaksanakannya pengembangan ini diharapkan dapat mengoptimalkan proses pembelajaran dan memudahkan mahasiswa belajar. Prosedur pengembangan bahan ajar Belajar dan Pembelajaran dilakukan melalui lima tahap. Tahap pertama adalah menetapkan mata kuliah yang akan dikembangkan. Tahap kedua adalah mengidentifikasi karakteristik mahasiswa dan menentukan tujuan khusus pembelajaran. Tahap ketiga menempuh prosedur pengorganisasian isi pembelajaran dengan menerapkan teori elaborasi. Tahap keempat melakukan penyusunan dan penulisan bahan ajar dan tahap kelima melaksanakan evaluasi formatif dan revisi. Hasil pengembangan divalidasi melalui evaluasi formatif yang terdiri dari penilaian ahli dan uji coba. Penilaian ahli meliputi 1) ahli isi pembelajaran 2) ahli desain pembelajaran dan 3) ahli media pembelajaran. Hasil tinjauan para ahli dijadikan dasar dalam memperbaiki produk yang selanjutnya dapat dilakukan uji coba untuk mendapat masukan dari para pengguna. Uji coba tersebut meliputi 1) uji coba dua orang dosen pengampu mata kuliah 2) uji coba perorangan bagi tiga orang mahasiswa 3) uji coba kelompok kecil bagi sembilan orang mahasiswa dan 4) uji coba kelompok besar bagi 30 orang mahasiswa. Dari hasil evaluasi formatif yang telah dilakukan terhadap bahan ajar mata kuliah Belajar dan Pembelajaran dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan ini dinilai layak digunakan sebagai salah satu sumber belajar mata kuliah Belajar dan Pembelajaran bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga di IKIP PGRI Kalimantan Timur.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57096 |
Actions (login required)
View Item |